Monday, January 16, 2012

Orang Kristen Menyembah Satu Allah, Bukan Tiga

“....Janganlah kamu mengatakan: "(Tuhan itu) tiga", berhentilah (dari ucapan itu).” (Qs 4:171). Al-Quran dan umat Muslim mengira bahwa orang Kristen menyembah tiga Tuhan, sebab mereka mengartikan demikian ayat di atas.

Berapa Tuhan Umat Kristen?

Orang Kristen hanya menyembah satu Allah. Injil, Rasul Markus 12:29, berkata, “Jawab Isa Al-Masih: "Hukum yang terutama ialah: Dengarlah, hai orang Israel, Tuhan Allah kita, Tuhan itu esa”.   Maka, tidak benar orang Kristen menyembah tiga Allah!
Sayangnya umat Muslim salah mengartikan Tritunggal. Sehingga, secara sepihak mereka menyimpulkan bahwa Tritunggal berarti “menyembah tiga Allah”. Mereka mencoba menyimpulkan tentang ke-Tritunggal-an Allah dengan kemampuan mereka sendiri.

Tritunggal: Tiga Oknum Dalam Satu Pribadi

Memang tidak muda untuk mengerti secara penuh konsep Tritunggal dengan keterbatasan manusia. Namun perlu mengetahui dengan baik, apa yang dimaksud dengan Tritunggal. Yaitu Allah yang esa hadir dalam tiga Pribadi: Allah Bapa, Kalimat Allah, dan Roh Allah. Dan ketiga Pribadi ini mempunyai esensi, kedudukan, kuasa, dan kemuliaan yang sama. Sehingga ketiganya tidak dapat dipisahkan satu dengan yang lain.
“Berfirmanlah Allah: "Baiklah Kita menjadikan manusia menurut gambar dan rupa Kita...“ (Taurat, Kitab Kejadian 1:26) “Kita” merupakan subyek pada ayat di atas, menunjuk 'jamak', bukan 'tunggal'.
“Karena itu pergilah, jadikanlah semua bangsa murid-Ku dan baptislah mereka dalam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus (Injil, Rasul Besar Matius 28:19).
Kedua ayat di atas merupakan bukti nyata, bahwa Tritunggal merupakan ajaran Alkitab.

Allah Bapa

Allah Bapa merupakan Sumber Utama terjadinya alam semesta. Pewahyuan ilahi dan keselamatan adalah Allah Bapa yang memulai. Namun, Allah Bapa tidaklah lebih tinggi daripada Kalimat Allah dan Roh Allah.
Allah Bapa juga sumber dari kasih.  Ia juga meneladani kasih itu sendiri. Itulah sebabnya Allah merendahkan diri-Nya dalam rupa manusia (Isa Al-Masih), dan datang ke dunia.  Allah mengasihi manusia.

Kalimat Allah

Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan Anak-Nya [Kalimat Allah] yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal” (Injil, Rasul Besar Yohanes 3:16).
Kalimat Allah dalam diri Isa Al-Masih, datang ke dunia untuk melakukan karya besar Allah Bapa bagi manusia. Yaitu memberi keselamatan. Mati di salib, dikuburkan, dan bangkit dari antara orang mati, merupakan hukum yang telah Allah tetapkan. Sebab, hanya dengan kematian-Nya maka karya penyelamatan Allah dapat tergenapi.
Sekali lagi, dalam hal ini, Kalimat Allah tidaklah lebih rendah daripada Allah Bapa

Roh Allah

Pribadi ketiga dalam Tritunggal adalah Roh Allah. Disebut juga sebagai Penolong atau Penghibur yang tidak terlihat.  Namun Dia ada di hati setiap manusia yang telah menerima keselamatan dan hidup kekal dari Kalimat Allah, yaitu Isa Al-Masih. Lagi kepribadian Roh Kudus tidak pernah lebih rendah daripada Allah Bapa maupun Kalimat Allah.

Kristen dan Keimanannya

Namun seorang Kristen yang telah menerima keselamatan dan hidup kekal dari Isa Al-Masih, dengan iman mereka, mereka dapat mengerti bahwa Allah Yang Esa adalah Allah yang terdiri dari tiga Oknum   tapi satu Pribadi.
“....Berbahagialah mereka yang tidak melihat, namun percaya" (Injil, Rasul Yohanes 20:29).

12 comments:

  1. asal ente tau aja ya yesus itu bukan siapa-siapa, dia hanya pendusta besar yang diberikan adzab oleh Allah SWT makannya dia di siksa sampe mati di salib. WKWKWKWK KASIAN BENER :D *udah disalibnya cuma pake sempak doang lagi, ga malu tuh punya tuhan kayak gitu mengajarkan umatnya yang tidak bener HAHAHAHA :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Muhammad saja minta di sholawatkan di doakan agar terhindar dari api neraka jahanam yg pasti bukan tidak di sorga.....amal pahala di timbang dengan dosa lebih banyak dosa....semua orang telah berbuat berdosa & telah kehilangan kemulian Allah..... masuk sorga karena Rahmat Allah, Anugerah Allah.

      Delete
    2. Isa terkemuka di dunia & akhirat az zukhruf 43 : 4
      Isa sesungguhnya memberikan pengetahuan hari kiamat karena itu janganlah kamu ragu tentang hari kiamat & ikutlah Aku, inilah jalan yg lurus az zukhruf 43 : 61 Isa adalah Roh Allah, napas Allah, Kalam, Firman Allah, Kalimat Allah.

      Delete
  2. Min, saya mau minta kejelasan postingan anda tentang :
    pernyataan (1)
    Injil, Rasul Markus 12:29, berkata, “Jawab Isa Al-Masih: "Hukum yang terutama ialah: Dengarlah, hai orang Israel, "Tuhan Allah kita", Tuhan itu esa”
    pernyataan (2)
    ...Itulah sebabnya Allah merendahkan diri-Nya dalam rupa manusia (Isa Al-Masih), dan datang ke dunia.
    pertanyaan saya, "jika Allah datang ke dunia dlm rupa manusia(Isa Al-Masih),maksud dari "tuhan Allah kita" dalam Injil, Rasul Markus 12:29 tsb apa???
    secara tak lagsung Isa Al-Masih menyatakan bahwa dirinya bukan tuhan, melainkan masih ada tuhan yg harus ia sembah, kan begitu??... :D
    mohon dijawab, agar tiada keraguan dihati kita :D :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. maksudnya adalah yesus sendirilah tuhan yang esa

      Delete
    2. Yohanes 1 : 1 pada mulanya Firman, Firman itu bersama- sama dengan Allah & Firman itu adalah Allah.Firman itu telah menjadi manusia dan diam di antara kita, kita melihat kemuliannya sebagai anak tunggal Bapa penuh kasih karunia & kebenaran. Pengertian anak bukan hubungan biologis tetapi Firman Allah yg turun ke dunia menjadi jasad manusia, Jawab Yesus bahwa Bapa di dalam Aku & Aku di dalam Bapa (Yohanes 10 : 38)
      Jawab Yesus Aku & Bapa adalah satu(Yohanes 10 : 30). Barang siapa telah melihat Aku ia telah melihat Bapa (Yohanes 14 : 9).

      Delete
    3. Isa terkemuka di dunia & akhirat, Isa memberikan pengetahuan tentang hari kiamat, Isa mengampuni dosa manusia, hanya Allah yg tahu hari kiamat, hanya Allah yg dapat mengampuni dosa manusia, renungkanlah sosok Yesus Kristus.

      Delete
    4. Sebab jika kamu mengaku dengan mulutmu bahwa Yesus adalah Tuhan & percaya dalam hatimu bahwa Allah telah membangkitkan dia di antara orang mati maka kamu akan di selamatkan roma 10 : 9
      Taruhlah jarimu di sini & lihatlah tanganku ulurkanlah lambungku & jangan engkau tidak percaya lagi melainkan percayalah, Thomas menjawab dia ya Tuhanku & ya Allahku kata Yesus kepadanya karena engkau telah melihat Aku, maka engkau percaya berbahagialah mereka yg tidak melihat namun percaya Yohanes 20 :23.

      Delete
  3. INTINYA adalah yahudi ! sbg suku bangsa paling tua di dunia SEKALIGUS sbg agama samawi pioner, lalu kristen (katolik, ortodk, protestan, koptik, dll) terakhir islam, tradisi & syariah YAHUDI mau tdk mau, suka tdk suka mewarnai agama setelahnya ! KAlO YESUS sudah menghapusnya lewat hukum cinta kasihNYA, SEDANGKAN ISLAM masih melestarikannya, antara :
    -. wajib sunat fisik lelaki baliq,
    -. wajib berpenutup kepala saat ibadah,
    -. menghalal-haramkan makanan jasmnai, wanita wajib berkerudung diluar rumah (islam memodifikasinya menjadi jilbab, hijab),
    -. menghadap tuhan hanya boleh waktu-waktu tertentu (yahudi 7 waktu, islam 5),
    -. yahudi berdoa ke hadirat tuhan adalah tembok ratapan, islam menghadap tuhan ke kabah - padahal tuhan ada dimana2,
    -. berpuasa lahiriah (fisik lapar tapi bathin kenyang main gadget, cuci mata dengan alasan NGABUBURIT/nunggu waktu berbuka),
    -. masih berkurban bakar atau sembilihan saat idul adha,
    -. mengutamakan hal lahiriah terutama ttg kesucian (buktinya cetakan al qur'an tak boleh dibawa ke toilet, terlangkahi, jatuh ke tanah, dipegang wanita haid/ tangan kiri, ada istilah batas suci FISIK di mesjid),
    -. memelihara janggut, jambang.
    -. firman & hadist direkayasa demi menguntungkan pemuka agama), makin byk jamaah/massa bisa ditukar saat pemilu/pilkada & menguatkan posisi sosial.
    ITULAH YAHUDI dan islam melestarikannya.

    ReplyDelete
  4. cuma nyampah doang ni laskar.
    smoga anda dapat hidayah seperti biarawan/wati atau eks pendeta yang karna dapat hidayah akhirnya masuk ISLAM.

    ReplyDelete
    Replies
    1. https://www.facebook.com/Para-Ustadz-UstadzahUlama-Dan-Tokoh-Islam-Yang-Memeluk-Kristen-271003372911507

      Delete