Friday, January 13, 2012

buat yg penasaran pengen tahu hubungan islam dengan yudaisme dan kekristenan

SELALU, SELALU, SELALU INGAT bahwa Muhammad hidup di abad ketujuh Masehi Pada waktu itu, orang Yahudi telah menyembah Yahweh selama hampir dua ribu lima ratus tahun. Orang-orang Kristen telah mengikuti Yesus selama enam ratus tahun. Di mana sistem Islam dapat masuk?
Muhammad punya cara yang sangat kuat menyesuaikan diri. Dia berkata kepada orang-orang Yahudi dan Kristen pada dasarnya, “nabimu adalah nabi nabi Islam. Tuhanmu adalah Tuhan yang sama dengan Tuhan Islam.”
Tuhan kami dan Tuhan mu adalah Satu.
-Surah 29:46; Lihat Juga Surah 3:64

Bagaimana ini bisa terjadi? Bagaimana bisa para nabi dari Alkitab akan mengkhotbahkan Islam ketika dunia pertama kali mendengar Islam adalah melalui wahyu Muhammad pada abad ketujuh?
Quran mengatakan bahwa Islam datang sebelum Yudaisme dan Kristen; itu adalah agama yang dilakukan oleh Abraham.

Ibrahim bukan seorang Yahudi dan bukan (pula) seorang Nasrani, akan tetapi dia adalah seorang muslim sejati…. Sesungguhnya orang yang paling dekat kepada Ibrahim ialah orang-orang yang mengikutinya dan Nabi ini (Muhammad), serta orang-orang yang beriman (kepada Muhammad), dan Allah adalah Pelindung semua orang-orang yang beriman (muslim)
-Surah 3:67-68

Quran merujuk pada Islam sebagai “agama Ibrahim” sering kali (QS 2:130, 135; 3:95; 4:125; 6:161). Selain itu, Abraham dan banyak nabi setelah dia mengajarkan Islam, termasuk Ishak, Ismail, Yakub, Yusuf, Nuh, Daud, Sulaiman, Musa, Yohanes dan Yesus (QS 4:163; 6:84-86). (Lampiran A menjelaskan peran Abraham dalam Islam.)
Jadi, bagaimana bisa Islam menjelaskan keberadaan Yudaisme dan Kristen? Quran mengajarkan bahwa Yudaisme dan Kristen didasarkan pada “wahyu sebelumnya” tentang Allah yang berasal dari para nabi (berarti ayat yang datang lebih awal daripada Quran). Wahyu awal Ini adalah kitab Yahudi dan kitab Perjanjian Baru Kristen. Namun, menurut Islam, Yahudi dan Kristen merubah Kitab Suci dan mereka tidak lagi menyembah Allah dengan benar, maka Allah harus mengirim wahyu yang segar melalui Muhammad.
Menurut Islam, pewahyuan yang Muhammad terima membatalkan Kekristenan dan Yahudi dan membawa orang kembali ke satu agama yang benar yang Abraham mengerti dan praktekkan (Islam) .1
MUHAMMAD ADALAH NABI TERAKHIR
Islam mengajarkan bahwa Allah menolak orang Israel karena dosa-dosa mereka, dan Allah kembali ke keturunan Abraham dan memilih seseorang dari garis Ismail untuk menjadi nabi terakhir. (Lihat Lampiran A.)
Muhammad memberikan ajaran-ajaran yang jelas tentang bagaimana dia melihat posisinya di antara nabi-nabi Islam. Muhammad berkata:
Perumpamaan saya dibandingkan dengan nabi-nabi lain sebelum saya adalah bahwa seorang laki-laki yang telah membangun rumah bagus dan indah, kecuali tempat satu batu bata di pojok. Orang-orang berjalan berkeliling tentang itu dan heran pada keindahan, tetapi berkata: “Apakah batu bata ini diletakkan di tempatnya!” Jadi sayalah batu bata itu, dan Saya yang terakhir (penutup) dari para nabi.2
Lebih jauh lagi, Allah memutuskan bahwa mereka yang mengikuti wahyu Muhammad akan menjadi umat pilihan baru.
Anda [orang beriman sejati di Monoteisme Islam, dan pengikut setia Nabi Muhammad dan Sunnahnya] adalah umat yang terbaik yang pernah dibangkitkan untuk umat manusia …
-Surah 3:110

Ayat ini terus mengatakan:
… Sekiranya Ahli Kitab beriman, tentulah itu lebih baik bagi mereka;
Islam mengajarkan bahwa umat Islam sekarang memiliki kemurahan Tuhan, bukan orang Yahudi. Muslim yang dihormati karena mereka memenuhi tanggung jawab mereka membawa pesan terakhir Allah kepada dunia seperti yang diberikan kepada nabi terakhir, Muhammad.3
SURGA DIPEROLEH DENGAN USAHA
Apa artinya menjadi seorang Muslim? Ini berarti bahwa Anda menyerahkan kehendak Anda kepada kehendak Allah. Menjadi seorang muslim adalah lebih daripada menerima satu set keyakinan. Kamu menjadi muslim dengan tindakanmu.
Muhammad berkata dalam hadits, “Isi hati yang tercermin dalam perbuatan baik.” Dengan kata lain, itu tidak cukup untuk mengatakan Anda adalah seorang muslim dengan lidah Anda. Anda harus melakukan perbuatan baik.
Quran mengajarkan bahwa setelah seseorang meninggal, ia pergi ke kubur dan tetap ada sampai hari kiamat. Pada waktu itu orang akan pergi menghadap Allah, yang akan meletakkan perbuatan baik dan buruk bekerja pada timbangan. Kemudian Allah akan memutuskan apakah orang itu dapat pergi ke surga. Quran mengatakan:
Hari ini (hari kiamat), seorangtidak akan dirugikan sedikitpun, juga kamu akan diberi balasan apa pun kecuali apa yang kamu kerjakan.
-Surah 36:54

RUKUN ISLAM
Anda sering mendengar tentang lima rukun Islam. Ini adalah dasar dari perbuatan baik yang Islam katakan akan menyenangkan Allah. Pilar tersebut adalah:
1. Mengakui bahwa tak satu pun selain Allah yang memiliki hak untuk disembah dan bahwa Muhammad adalah pesuruhNya. Ketika Anda masuk Islam, Anda harus membuat pernyataan ini, tetapi ini bukan akhir dari itu. Muslim diingatkan pengakuan ini lima kali sehari karena termasuk dalam adzan.
2. Mendirikan shalat lima kali sehari. Jika Anda tidak berdoa lima kali sehari, tapi Anda masih percaya bahwa Anda seharusnya melakukannya, maka Anda telah berdosa, tetapi Anda belum meninggalkan Islam. Tapi Jika Anda mengatakan bahwa Anda tidak percaya pada melakukan salat lima hari, maka Anda telah meninggalkan Islam.
3. Memberi sedekah (zakat). Sedekah biasanya dihitung sebagai persentase dari pendapatan, sekitar 2,5 persen. Di zaman modern, seorang muslim dapat memilih untuk memberikan zakat sesuai dengan preferensi pribadi. Dia dapat memberikan kepada masjid setempat, secara langsung kepada yang membutuhkan atau kepada orang-orang dalam keluarganya sendiri yang membutuhkan bantuan. Sebagian orang memilih untuk memberikan kepada badan yang mendukung kelompok-kelompok fanatik. Bin Laden dan Al-Qaeda yang didanai oleh jutaan dolar sedekah dari orang-orang kaya dari negara Teluk.4 Orang kaya menghabiskan banyak pada sedekah, terutama membantu orang miskin selama bulan Ramadhan. Ayahku akan memberikan makanan berbuka untuk delapan ratus hingga seribu orang miskin di depan pabrik selama bulan Ramadhan. Ia mendirikan meja dan kursi dan memesanmakanan dari restoran lokal. Itu berarti duapuluh lia ribu gingga tigapluh ribu makanan selama bulan Ramadhan. Kegiatan amal semacam ini di laksanankan di seluruh negara-negara Islam.
4. Naik Haji, ke Mekah sekali dalam hidup jika keuangan memungkinkan. Quran mengatakan, “Haji (ziarah ke Mekah) ke Rumah Allah (Ka’bah) adalah sebuah kewajiban yang umat manusia yang harus di bayar kepada Allah, mereka yang mampu membayar biaya (untuk transportasi, perbekalan dan akomodasi), dan barang siapa yang kafir [yaitu membantah Haji (ke Mekah), maka ia adalah kafir Allah ]…” (Surah 3:97). Lebih dari tiga juta umat Islam melakukan ziarah ke Mekkah, Arab Saudi, setiap tahun pada bulan ketiga setelah Ramadan. Begitu banyak orang pergi ke sana sekaligus sehingga tidak ada cukup kamar hotel untuk mereka, dan banyak tidur di tenda-tenda. Ketika saya adalah seorang muslim, saya melaksanakan ibadah haji ini satu kali, dan saya selalu melakukan tugas- seperti yang ditentukan dalam kerumunan ribuan dan ribuan orang.
5. Berpuasa selama bulan suci Ramadan. Untuk Muslim taat, ini berarti tidak makan dari jam 4 pagi sampai matahari terbenam. Jika Anda bepergian atau terlalu sakit untuk berpuasa, Anda dapat menganti hari-hari yang anda lewatkan. Jika Anda tidak berpuasa selama bulan Ramadhan karena Anda kurang kemauan, itu dosa, tetapi Anda dapat diampuni. Di sisi lain, jika anda tidak berpuasa selama bulan Ramadhan karena Anda tidak percaya di dalamnya, maka Anda berada di luar Islam. Anda tidak bisa menjadi seorang Muslim dan menolak puasa selama bulan Ramadhan.
Walaupun tidak digambarkan sebagai pilar, jihad (berperang di nama Allah) adalah salah satu hal terbesar yang dapat Anda lakukan untuk menyenangkan Allah. Saya akan menjelaskan lebih banyak tentang jihad dalam bab delapan. (Anda juga bisa mendapatkan rincian lebih lanjut dari buku saya Islam dan Terorisme.)
CARA MENGECEWAKAN ALLAH
Sekarang mari kita melihat hal-hal yang Islam katakan akan mengecewakan Allah.
1. Hal terburuk yang dapat Anda lakukan adalah percaya pada Tuhan selain Allah atau percaya kepada Allah, tetapi juga percaya pada dewa lain pada waktu yang sama. Sebagai contoh, seorang muslim tidak akan pernah berkata, “Saya beriman kepada Allah dan Quran, tapi Saya juga percaya bahwa Yesus adalah Anak Allah.” Itu dianggap menduakan Allah, dan itu adalah dosa yang tidak akan diampuni (Surah 4:116).
2. Menghina Muhammad, nabi Islam (Surah 4:65, 115).
3. Mengabaikan salah satu dari lima pilar.
4. Melanggar hukum Islam, yang mencakup larangan minum alkohol, terlibat dalam perilaku seksual yang tidak bermoral, makan daging babi, memberikan bunga untuk pinjaman/riba, perjudian dan hukum lain.
5. Melarikan diri dari jihad (Surah 8:16).

Sebelum hari kiamat, seorang muslim tidak dapat mengetahui dengan pasti apakah Allah akan senang dengan dia. Namun, ajaran Islam mengatakan umat Islam bisa mendapatkan pengampunan bagi beberapa dosa dengan berpuasa selama bulan Ramadhan dan dengan pergi pada haji ke Mekah.
Saya berharap bahwa Anda menyadari bahwa perilaku muslim di banyak bidang kehidupan yang berbeda adalah hasil dari kepercayaan orang bahwa usaha mereka akan ditimbang dan dinilai oleh Allah.5
KESIMPULAN
Dari tinjauan ini Islam, saya harap Anda ingat hal berikut ini:
• Islam mengklaim menyembah Tuhan yang sama seperti orang Yahudi dan Kristen
• Pada saat yang sama, Islam mengklaim telah mengantikan Yudaisme dan Kristen. Oleh karena itu, dalam rangka untuk menyembah satu Allah yang benar, Anda harus menerapkan Islam.
• Muhammad diklaim sebagai nabi terakhir Allah.
• Islam mengharuskan orang untuk memperoleh jalan mereka ke dalam surga dengan usaha

1 comment:

  1. Saya setuju, wong TUHAN itu satu. Buktinya yg ditulis di Al-Quran = di Alkitab kuno, contoh mengharamkan babi kitab Imamat 11 : 7, Kitab Ulangan 14 : 8 dll, melarang khamr Imamat 10 : 9,(Hakim- hakim 13 : 4 dan 14) dll. Buktinya, para perempuan kristen jg diperintahkan berjilbab (korintus 11:5 - 11:13), dan sampai sekarang biarawati jg berjilbab. Banyak lagi alasan2nya mas. Oleh karena itu, dikarenakan setelah perginya nabi Isa A.S., pengikutnya menjadi tidak lagi mengesakan TUHAN, makan babi, dsb., oleh karena itu nabi Muhammad S.A.W. datang untuk meluruskan kembali, seperti datangnya nabi Musa A.S. meluruskan kembali akidah kaum nabi Ibrahim A.S., nabi Isa A.S. meluruskan kembali akidah kaum nabi Daud A.S., dan Musa A.S., dst. Jika saat ini Nabi Muhammad belum datang, mungkin saya rasa saya lebih kristen daripada anda (meyakini TUHAN, meyakini Yesus (Isa Almasih), tidak makan babi, khmr, zinah dll., yg mana jg ada dalam tuntunan Al-Kitab yang sebenarnya (yg kebanyakan ada pada perjanjian lama)).
    Saya rasa itu yg menunjukkan Islam adalah agama yg jg berdasarkan rasionalitas, byangkan anda ingin rangking1, tapi anda bermalas2an?? Sejujurnya, kata mengharuskan itu sedikit kurang tepat mas. ALLAH telah membuat tuntunan, jalan yg baik dsb., sayangnya banyak dari kita (termasuk saya) kadang terlena dg godaan setan laknatullah. It's just following the path, dan saya yakin TUHAN tidak membutuhkan kita. Kitalah yang membutuhkan TUHAN. Semoga kita selalu mendapat hidayah-NYA.

    ReplyDelete