Tuesday, February 24, 2015

Jawaban soal terjemahan Alkitab yg banyak versi

"Mengapa terdapat perubahan dalam terjemahan Alkitab?” Inilah pertanyaan yang sering disampaikan umat Muslim. Begitupun dengan guru-guru agama Islam. Seringkali mereka mengajarkan kepada para muridnya, bahwa orang-orang Kristen telah mengubah Alkitab.
Tidak ada bukti yang mendukung pernyataan ini. Jika kita membandingkan manuskrip satu dengan yang lainnya, dan juga membandingkannya dengan hasil terjemahan modern, kita tidak akan menemukan perbedaan-perbedaan yang besar.

Mengapa Terjemahan Alkitab Berbeda-beda?
Semua terjemahan Alkitab berasal dari manuskrip bahasa Ibrani dan Yunani yang sama. Perbedaan-perbedaan yang terdapat dalam Alkitab terletak pada terjemahan bahasa modern. Terjemahan ini tentunya tidak terdapat pada manuskrip yang asli.
Perubahan susunan kata perlu ada, oleh karena itu perlu melakukan penerjemahan. Bukan “mengoreksi.” Kitab Allah tidak memerlukan pengoreksian. Kitab Allah sudah sempurna! Tidak ada kesalahan-kesalahan. Orang-orang yang menulis Alkitab menerimanya langsung dari Allah.

Terjemahan Bahasa Inggris Al-Quran Tidak Identik!
Terdapat juga perbedaan bahasa dalam terjemahan-terjemahan Al-Quran. Hal ini karena para penerjemah berpendapat, pemilihan kata oleh mereka lebih baik dibandingkan dengan penerjemah-penerjemah lainnya. Contoh perbedaan pada ayat pertama Al-Fatihah Al-Quran:
Sahih InternationalIn the name of Allah, the Entirely Merciful, the Especially Merciful. 
Yusuf AliIn the name of Allah, Most Gracious, Most Merciful. 
ShakirIn the name of Allah, the Beneficent, the Merciful. 
ArberryIn the Name of God, the Merciful, the Compassionate.
Mengapa penerjemah yang satu menggunakan “Most Gracious” (Maha Pangasih) dan yang lain “Beneficent” (Maha Pemurah)? Ada dua perbedaan kata dalam Bahasa Inggris dengan arti yang sama. Penerjemah yang lain menambahkan kata-kata “entirely” (sepenuhnya) dan “especially” (terutama) pada terjemahannya. Tetapi penerjemah yang satu menggunakan kata “most” (maha). Apakah mereka sedang mengubah arti dari Al-Quran? Tentu saja tidak!
Hanya penerjemah Arberry yang menggunakan kata “compassionate” (berbelas kasihan), sementara yang lain menggunakan “merciful” (penyayang). Yang mana yang benar? Apakah Allah penyayang atau  berbelas kasihan?
Semua penerjemah ini berusaha menerjemahkan Al-Quran dengan sejelas mungkin. Mereka menerjemahkan dari Bahasa Arab. Tetapi, mereka mempunyai pendapat yang berbeda mengenai pemilihan kata yang terbaik. Namun, semua terjemahan dengan jelas menyampaikan arti ayat pertama dari Al-Fatihah.

Mengapa Ada Terjemahan Alkitab Baru?
Terdapat terjemahan Alkitab baru untuk kelompok-kelompok orang yang berbeda. Mereka menggunakan kata-kata yang paling cocok dengan bahasa orang-orang tersebut, dalam menyampaikan pesan teks Alkitab yang asli.
Demikian juga dengan terjemahan Al-Quran. Contohnya, Arberry menerjemahkan Al-Quran di tahun 1955. Saat itu kata “compassionate” (berbelas kasihan) bisa jadi merupakan kata yang baik. Tetapi pelajar-pelajar modern bisa saja berpikir bahwa “merciful” (penyayang) lebih sesuai dengan jaman.

Sebuah Alkitab Untuk Setiap Orang!
Allah ingin setiap orang mengerti Alkitab! Pesan dari Kitab Allah tidak hanya untuk mereka yang membaca bahasa Ibrani dan Yunani. Allah ingin semua orang mengetahui bahwa Ia mengasihi mereka dan mengutus Isa Al-Masih untuk mati tersalib bagi dosa mereka.
Allah ingin memiliki hubungan dengan setiap orang. Apakah Anda sudah memiliki hubungan pribadi dengan Allah? Satu-satunya cara agar kita dapat mengetahui Allah adalah dengan membaca Kitab Allah. Dan satu-satunya cara agar kita dapat memahami sepenuhnya Alkitab adalah  membacanya dengan bahasa kita.
Contohnya, Alkitab berkata, “Lihat, Aku [Isa Al-Masih] berdiri di muka pintu dan mengetok; jikalau ada orang yang mendengar suara-Ku dan membukakan pintu, Aku akan masuk mendapatkannya dan Aku makan bersama-sama dengan dia, dan ia bersama-sama dengan Aku” (Wahyu 3:20).
Kita dapat mengerti ayat suci ini karena penulisan yang sederhana dalam Bahasa Indonesia. Isa Al-Masih berkata, jika kamu membuka pintu hatimu dan mengundang Ia masuk, Ia akan memulai sebuah hubungan denganmu!






5 comments:

  1. yg pasti tuhan dalam alquran nggak ada yg mati

    ReplyDelete
  2. Seandai nya tuhan membinasakan kita semua atau nyawa sudah sampai di kerongkongan tidak ada yang mampu menghalau nya dan perubuatan nya pun akan di balas oleh tuhan , siksa nya pun menanti bagi orang2 yang tidak mampu melihat atau mendengar kebenaran di alam nanti setelah dunia ini BERAKHIR

    ReplyDelete
  3. Seandai nya tuhan membinasakan kita semua atau nyawa sudah sampai di kerongkongan tidak ada yang mampu menghalau nya dan perubuatan nya pun akan di balas oleh tuhan , siksa nya pun menanti bagi orang2 yang tidak mampu melihat atau mendengar kebenaran di alam nanti setelah dunia ini BERAKHIR

    ReplyDelete
  4. Terjemahan atau version, kalian harus dapat membedakan kedua makna ini dahulu, terjemahan adalah suatu bahasa yg di ubah ke bahasa lain agar dapat d mengerti, sedangkan VERSION adanya suatu hal yg di tambah maupun di kurangi , seperti kig James version, America standard revision dan banyak lagi

    ReplyDelete
  5. Inilah klo nggak mau tau sejarah Al Kitab,merasa BENAR,tp tak tau Sejarah Kitabnya sndiri,yaitu brp lama Al Kitab diturunkan?brp apa ayat?diwahyukan kpd siapa,dgn cara apa?bahasa apa,tulisan apa?siapa yg nulis,ditulis pake bahasa apa?
    -Yg psti dua manuskrip tertua dan terbaik yakni Codex Vaticanus dan Codex Sinaiticus yang mereka jadikan rujukan (terutama untuk Perjanjian Baru) semuanya berbahasa Yunani, padahal Yesus bukan orang Yunani dan tidak berbahasa Yunani akan tetapi Yesus menggunakan bahasa Aram sebagai bahasa ibu.
    -Teks asli yang digunakan untuk menterjemahkan Alkitab tidak ada satu Alkitab pun yang menyertakannya, umatmu tahunya SUDAH MATANG, mereka tidak TAHU bahkan TDK MAU TAHU apakah terjemahan tersebut sudah BENAR atau SALAH atau bahkan ada terjemahan yg isinya brtolak belakang dgn trjemahan lainnya...gmn kebenarannya mau di tegakan,klo text aslinya aja nggak pernah ada,KEBENARAN BERDASARKAN KATANYA&TERJEMAHAN

    ReplyDelete