Tuesday, February 3, 2015

Ka'bah masa lampau adalah Gereja!

Tempat ibadah apakah yang memiliki patung Bunda Maria dan bayi Yesus? Tempat ibadah gereja tentunya, apalagi jika patung tersebut ditaruh di atas bangunan.

Suku pertama yang menguasai Ka'bah di Mekah adalah suku Jurhum. Tampaknya suku ini beragama Kristen, karena merekalah yang menempatkan patung Maria dan Yesus di Ka'bah. Suku Jurhum berperang melawan suku Khuza'a, kalah, dan diusir keluar dari Mekah. Suku Khuza'a lalu menguasai Ka'bah selama 300 tahun.




















terjemahan:

Fateh Al-Bari Fe Shareh, Sahih Al-Bukhari, cetakan 2, 02, Beirut Lebanon, 1953, Vol. 10, hal. 32:
Fahira adalah putri Umaro ibn Al-Harith bin Mu'da'd al-Jurhum. Ayah Fahira merupakan penguasa terakhir Ka'bah dari suku Jurhum. Terjadilah perang antara Jurhum dan Khuza'a. Perang berakhir dengan kemenangan suku Khuza'a yang lalu mengusir keluar suku Jurhum dari Mekah. Suku Khuza'a kemudian menguasai Ka'bah selama tiga ratus tahun.

Setelah itu, Qusay ibn Kilab, si Anak Anjing (kakek buyutnya nabi Muhammad saw), memerangi suku Khuza'a dan berhasil mengalahkan mereka. Suku Khuza'a diusir keluar dari Mekah oleh Qusay si Anak Anjing.










terjemahan:

Fateh Al-Bari Fe Shareh Sahih Al-Bukhari, Beirut, Lebanon, 1953, Vol. 6, hal. 548, Buku Maqib:
Qusay menang perang dan mengambil alih Ka'bah. Dia mengumpulkan semua putra suku Fahir dan mengusir mereka keluar dari Mekah.

Setelah Qusay ibn Kilab, si Anak Anjing, berkuasa di Mekah, dia bukannya membersihkan berhala, tapi malah menambah dua patung berhala sebagai bagian dari ibadah Haji di Ka'bah. Perhatikan bahwa Qusay merupakan kakek moyang Muhammad, dan Qusay jelas adalah penyembah berhala. Muslim mengatakan bahwa seluruh silsilah keluarga Muhammad merupakan pengikut Abraham, penyembah tuhan Abraham. Akan tetapi, pengakuan itu ternyata jauh panggang dari api, karena tidak didukung hadis sahih Muslim.


















terjemahan:

Sahih Muslim - Beshar'h Al-Nawawi, vol. 9, Buku Haji, Beirut, Lebanon, 2006, hal. 401:
Pria itu bernama 'Isaf bin Ba'qa' atau Bin 'Umar, dan wanita itu bernama Na'ilah binti Ze'eb atau Binti Sahil. Mereka berdua berasal dari Jurhum, dan mereka bersetubuh di dalam Ka'bah sehingga Allah mengubah mereka menjadi dua patung yang diletakkan di sebelah Ka'bah. Dikatakan bahwa patung² ini diletakkan di Safa dan Al-Marwa (dua tempat yang dikunjungi Muslim saat ibadah haji - lihat Qur'an 2:158). Qusay, si Anak Anjing, meletakkan kedua patung itu dekat Ka'bah dan dia memberi korban pada kedua patung ini dan memaksa orang² untuk memuja patung² ini.

Qusay ibn Kilab, si Anak Anjing, ternyata penyembah berhala!! Dia itu kakek moyangnya Muhammad. Menurut pengakuan Muslim pada umumnya, Qusay ibn Kilab adalah keturunan Ismael, tapi mengapa keturunan Ismael kok beragama pagan, menyembah berhala, membuat patung² untuk disembah, bahkan patungnya diberi persembahan segala? Apa masuk akal? Para keturunan Anjing ini dari dulu adalah pagan, dan Muhammad juga sebenarnya beragama pagan sebelum mengaku jadi Nabi.

Meskipun sudah bergonta-ganti penguasa dari suku Jurhum yang Kristen, lalu suku Khuza'a yang pagan, dan dilanjutkan suku Quraysh yang juga pagan, patung Bunda Maria dan Yesus tetap berada di Ka'bah, tanpa diganggu-gugat. Ternyata kebiasaan itu pun diteruskan oleh Nabi Muhammad SAW di jaman Islam!! Lihat nih buktinya dari Waqidi yang dikutip oleh Martin Lings (Abu Bakr Siraj Ad-Din) dalam bukunya yang berjudul Muhammad - His Life Based on the Earliest Sources, hal. 314:









terjemahan:

Selain dari patung suci Perawan Maria dan bayi Yesus, dan lukisan seorang tua, yang katanya adalah Abraham, dinding Ka'bah dipenuh oleh gambar² dewa² pagan. Sambil menempatkan tangannya melindungi patung Maria dan Yesus, Nabi memberitahu Usman untuk menghapus segala lukisan, kecuali lukisan Abraham.

Muslim ngamuknya setengah modar gambar wajah Muhammad dibbuat. Tapi ternyata literatur Islam menjelaskan bahwa Muhammad senang dengan patung Maria dan Yesus, dan juga gambar wajah Abraham!! Ternyata Nabi Muhammad saw  ternyata senang dengan wajah Tuhan umat Kristen.

Ini bukti lain dari Akhbar Mecca oleh Al-Azraqi, cetakan 2004, vol. 1, hal. 200:




















terjemahan:

Aku diberitahu oleh kakekku yang diberitahu oleh Daud ibn Abd-al-Rahman dari putra Gorieej dan Suliman bin Musa al-Shami 'Ata bin Rabah, aku mendengar bahwa kau bersaksi bahwa Ka'bah dulu memiliki patung Maria dan putranya Yesus di pangkuannya, dan keduanya dihiasi dengan berbagai benda yang indah? Dia berkata: Ya, Ka'bah dulu punya enam buah tiang dan patung Maria dan Yesus terletak di atas tiang. Dia bertanya apakah kau tahu kapankah patung ini dihancurkan? Dia berkata bahwa patung ini hancur oleh api saat jaman Ibn Al-Zubir (perang antara umat Muslim).

Ini bukti lain dari Sirat Rasul Allah oleh Ibn Ishaq. Perhatikan catatan kaki yang menerangkan bahwa Ibn Hisyam menghapus keterangan ini dari buku aslinya, karena tidak suka saat mengetahui Muhammad ternyata senang dengan gambar dan patung tokoh² utama dan Tuhan umat Kristen (Maria, Yesus, Abraham).






































terjemahan yang dalam kotak kuning:

I.I. dari Hakim bin Abbad bin Hanif dan penyampai hadis lainnya: suku Quraysh telah menempatkan gambar² di dalam Ka'bah termasuk gambar Yesus putra Maria dan gambar Maria (damai menyertai mereka berdua). Shihab berkata: Asma' d. Shaqr berkata bahwa seorang wanita dari Ghassan bergabung dalam ibadah haji bersama orang² Arab dan ketika dia melihat patung Maria di dalam Ka'bah, dia berkata, 'Ayah dan ibuku jadi tebusanmu! Kau sungguh adalah wanita Arab!' Rasul memerintahkan gambar² dihapus kecuali gambar² Yesus dan Maria.
Fakta literatur Islam bahwa patung Maria dan Yesus terus berada di Ka'bah sampai saat jaman Al-Zubir (cucunya Abu Bakar) menunjukkan bahwa Muhammad tidak pernah menyuruh Muslim menolak pematungan Maria atau Yesus, atau penggambaran wajah Abraham. Kenapa Muslim jaman sekarang tersinggung jika melihat patung Bunda Maria dan bayi Yesus?? Malah lebih gila lagi, mereka menuduh umat Kristen menyembah patung gara² hal ini, padahal Muhammad tidak keberatan patung Maria dan Yesus berada di Ka'bah terus sampai dia mati.

Jika sekarang Muslim menuduh umat Kristen menyembah patung karena ada patung Maria dan Yesus di gereja, maka secara tak langsung mereka juga menuduh Muhammad menyembah patung Maria dan Yesus di Ka'bah karena sholatnya berqiblat ke Ka'bah.

Bayangin, berdasarkan keterangan literatur Islam, ternyata sejak jaman pra-Islam sampai jaman Muhammad, patung Maria dan bayi Yesus terletak di dalam Ka'bah, bahkan dikatakan juga diletakkan di atas keenam pilar Ka'bah!!





































Itu sungguh hal yang sangat sukar dibayangkan di jaman sekarang. Ini merupakan bukti bahwa Islam di jaman dulu sangat berbeda dengan Islam di jaman sekarang.


24 comments:

  1. Sekarang kalian masih hidup tentu kalian masih mempertahankan keyakinan kalian, kalau pingin selamat masuklah agama Islam agar selamat, kalau ajal sudah tiba kalian balum tobat dan belum masuk agama Allah kalian akan menyesal tiada tara, karena mati dalam keadaan kafir yang diancam Allah SWT dengan neraka yang paling dalam, ingatlah setelah mati kalian tidak akan pernah hidup di dunia lagi, roh kalian yang akan mempertanggungjawabkan kekafiran kalian, malah dengan segala daya dan upaya ingin sekali menghancurkan Islam, Islam adalah agama yang benar, belum cukupkah peringatan-peringatan dari Muhammad untuk kalian..sadarlah janganlah mati dalam kafir NAUDZUBILLAHIMINDZALIK!

    ReplyDelete
  2. Coba kalian pelajari Alqur'an, dengan jelas di dalam Alqur.an bahwa Allah tidak beranak dan tidak diperanakkan. بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَـٰنِ الرَّحِيمِ
    قُلْ هُوَ اللَّهُ أَحَدٌ ﴿١﴾ اللَّهُ الصَّمَدُ ﴿٢﴾ لَمْ يَلِدْ وَلَمْ يُولَدْ ﴿٣﴾ وَلَمْ يَكُن لَّهُ كُفُوًا أَحَدٌ ﴿٤﴾Bismillahirrahman nirrahim, ayat 1) Qulhuwallahu ahad, ayat 2) Allahush shomad, ayat 3) Lam yalid walaam yuulad, ayat 4) Wallam yaqullahu kufuwan ahad.
    Artinya : Dengan nama Allah yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang.
    Katakanlah (Muhammad) ‘Dialah Allah, Yang Maha Esa,
    Allah tempat meminta segala sesuatu,
    (Allah) tidak beranak dan tidak pula diperanakkan,
    dan tidak ada sesuatu yang setara dengan Dia.Kalau masih menganggap yesus anak Allah SWT segera tobatlah

    ReplyDelete
  3. Benarkah kisah ini?

    Sumbernya ada, yaitu Akhbar Makkah karya Al Azraqi, dan Al Maghazi karya Al Waqidi. Sebagaimana layaknya kitab-kitab hadits dan sejarah dalam Islam yang penulisnya tidak hidup di masa kenabian, maka mereka menyampaikannya dalam bentuk periwayatan, bukan kesaksian langsung dengan mata kepala.

    Dengan demikian untuk mengatakan otentik sebuah sejarah, haruslah dilakukan pengujian validitas berupa pemeriksaan sanad (mata rantai) dari riwayat yang ingin diteliti kebenarannya. Jika ternyata setelah diteliti riwayatnya lemah atau bahkan palsu, maka tidaklah dapat dikatakan sebagai sejarah yang otentik.

    Seorang ulama kenamaan, Syaikh Hamud At Tuwaijiri telah mengumpulkan riwayat-riwayat yang ada terkait hal tersebut dalam Akhbar Makkah, dan mendapati beberapa sanad, dan kesemuanya dha’if alias lemah, karena beberapa keterputusan sanad dan ada perawi yang lemah, serta mubham (tidak disebutkan namanya). Saya tidak sebutkan detailnya di sini karena keterbatasan tempat. Silakan baca di situs Al Ifta yang berbahasa Arab, namun insya Allah tidak masalah bagi yang biasa bergelut dengan ilmu hadits.

    Selain itu juga riwayat tentang dibarkannya gambar Bunda Maria juga bertentangan dengan riwayat-riwayat yang shahih dari Jabir yang diriwayatkan Imam Ahmad, Abu Dawud, dan yang lainnya bahwa Rasulullah ketika itu tidak mau masuk Ka’bah yang masih bergambar, serta menyuruh ‘Umar untuk menghapus gambar-gambar tersebut dan tidaklah beliau memasuki Ka’bah kecuali setelah SELURUH gambar yang ada di dalamnya telah terhapus.

    Dan juga bertentangan dengan riwayat-riwayat lain bahwa Rasulullah sangat membenci gambar dan patung dan mengingkarinya. Dalam riwayat Al Bukhari, dari Ibnu Abas bahwa Rasulullah memasuki ka’bah dan mendapati ada gambar Nabi Ibrahim dan Maryam, maka beliau bersabda:

    أَمَا لَهُمْ، فَقَدْ سَمِعُوا أَنَّ الْمَلاَئِكَةَ لاَ تَدْخُلُ بَيْتًا فِيهِ صُورَةٌ، هَذَا إِبْرَاهِيمُ مُصَوَّرٌ فَمَا لَهُ يَسْتَقْسِمُ

    “Tidakkah mereka telah mendengar bahwa malaikat itu tidak akan memasuki rumah yang di dalamnya terdapat gambar? Digambarkan di sini Ibrahim (memegang anak panah), padahal ia tidak pernah mengundi nasib.”

    Dalam riwayat Usamah, beliau memerintahkan untuk mengambil air dan menghapus gambar tersebut dengannya.

    Wallau a’lam.

    ReplyDelete
  4. Gak salah Pilar Ka'bah ada enam..kalo gak salah ada 3 buah pilar di dalam ka'bah..dilihat dari video pandangan di dalam ka'bah ....https://www.youtube.com/watch?v=2COj4WGQRc0

    ReplyDelete
  5. Wkwk bocah bocah gk ada sejarah patung yesus dan bunda MARIA OZAWA :V di dalam Ka'bah itu sejarah yg di buat buat oleh kaum kafirin

    ReplyDelete
  6. memang manusia kurang ajar kalian semua yang telah merendahkan Yesus dan Bunda Maria, dulu itu di dalam Ka'bah adalah gereja tua yang bersejarah. jadi jangan seenaknya mencaci maki Tuhan Yesus. Islam
    itu sebenarnya tidak ada. Agama yang pertama kali ada di dunia adalah agama Katolik. persetan dengan islam yang kurang ajar

    ReplyDelete
    Replies
    1. Berarti umat sebelum Isa/Yesus alaihissalaam atheis dong?

      Delete
  7. memang manusia kurang ajar kalian semua yang telah merendahkan Yesus dan Bunda Maria, dulu itu di dalam Ka'bah adalah gereja tua yang bersejarah. jadi jangan seenaknya mencaci maki Tuhan Yesus. Islam
    itu sebenarnya tidak ada. Agama yang pertama kali ada di dunia adalah agama Katolik. persetan dengan islam yang kurang ajar

    ReplyDelete
  8. Dengan blog ini, memberikan informasi kepada kita bahwa disaat itu bangsa Arab adalah bangsa yang sangat mengharapkan kehadiran TUHAN YANG MAHA KUASA, namun mereka sangat kebingungan mana yang benar, apakah kepercayaan Pagan yang memiliki banyak dewa dan dewi, seperti yang mereka ketahui dari wilayah lainnya, seperti Mesir, Yaman, maupun saat kekaisaran Romawi banyak ajaran-ajaran kepercayaan kepada dewa dan dewi mereka yang menjadi agama kuno mereka, bahkan pernah bangsa Romawi membuat patung yang keterangannya berisi tulisan "kepada Allah yang tidak dikenal", demikain juga berbagai pandangan kuno yang diturunkan kepada anak cucunya....masih berlanjut ya

    ReplyDelete
  9. Demikian pula secara umum disaat masa pra Islam, yang penuh dengan berbagai macam kepercayaan Pagan yang diperoleh dari wilayah-wilayah sekitarnya. Sehingga pada saat itu (sesudah masehi) dengan hadirnya ajaran Kristen yang juga diputarbalikan oleh pihak gereja Katholik seperti penyembahan kepada Bunda Maria dalam bentuk patung, walaupun menurut mereka hanyalah sebuah simbol, namun menurut bangsa Arab diterjemahkan sebagai dewi dan bayi yang hampir mirip dengan kepercayaan mereka, sehingga keseluruhan dewa-dewi dan patung Bunda Maria juga dimasukan dalam daftar Paganisme yang ditempatkan dalam Ka'bah, memang kelihatan agak aneh, yaitu ada gambar Bunda Maria menggendong bayi dengan sesosok orang tua yang melindunginya dengan panah ditangan-nya yang disebut Ibrahim, ini bisa saja bukan pengertian sebenarnya bahwa itu gambar Bunda Maria dan bayinya,.....

    ReplyDelete
  10. tetapi merupakan gambaran dewa yang memiliki anak dari seorang perawan --manusia sesuai dengan gambaran kisah dewa Yunani, jadi itu merupakan salah satu kepercayaan bangsa Arab yang dilukis pada dinding Kabah, kebetulan saat itu ajaran Katholik sangat superior dalam penyebarannya, sehingga gambar itu diasumsikan kepada Bunda Maria. Intinya bahwa masyarakat Arab saat itu menganut Paganisme atau berhala dewa-dewi, sehingga wajarlah kalau Muhammad bin Abdullah itu menyuruh stafnya untuk menghapus gambar-gambar didalamnya termasuk gambar itu, tetapi malah ada kajian yang menyatakan sosok orang tua itu tidak dihapus, sedangkan ""Bunda Maria dan bayinya "" dihapus, karena dengan dalil hanya satu tuhan, Muhammad menghapus, gambar-gambar yang notabene adalah gambaran dewa-dewa yang dipuja suku lain-nya, selain dewa-dewi yang dianut oleh suku Quraisy-sukunya Muhammad, dengan mempertahankan penyembahan kepada Dewa Bulan HUBAL dan 3 anak putrinya, yang disebut Al-Lat, Al-Uzza dan Manat yang adalah sesembahan Suku Quraisy......

    ReplyDelete
  11. --itulah yang menyebabkan dalam Ka'bah terdapat tiga tiang untuk menyokong bangunan itu. Kepercayaan Muhammad dan suku Quraisy itu merupakan kepercayaan turunan dari bangsa Mesopotamia, dan dahulu terkait dewi-dewi bulan, dimana Al-Uzza adalah dewi cinta dan kecantikan, dia diidentifikasikan dengan planet Venus, bintang fajar {bintang yang biasanya dilihat bersamaan dengan bulan sabit jauh sebelum Muhammad lahir dan Islam yang dikembangkan-nya), Manat adalah dewi takdir, dan Al-Uzzá dianggap sebagai dewi perang suci dan yang paling muda di antara berhala dewi yang lain. Dan ayah dari ketiga putri itu yang bernama Hubal atau Baal adalah Dewa Bulan. Baal dalam dialek Arab disebut juga Hubal. Nama ini berasal dari Ha-Baal, yang dalam dialek Arab artikel berupa konsonal `ha/hu’. Hubal (dari bahasa Aram yang berarti `roh’).

    ReplyDelete
  12. ....Ketiga dewi ini, dan juga Hubal, sangat senang dengan persembahan korban manusia. Hal ini terbukti pada kisah ketika ‘Abdul Muttalib (kakek Muhammad) menerima perlawanan dari suku Quraish dalam menggali zamzam, dia berjanji jika dia diberikan 10 anak, yang besar nanti dapat melindungi dia, dia akan mengorbankan satu anaknya kepada ‘allah’ di Kabah…(tahun-tahun berikutnya, dia memiliki 10 anak, dan…) sehingga mereka kembali ke Mekah dan… Abdul Muttalib berdiri di hadapan Hubal dan berdoa kepada ‘allah’. Kemudian dia mempersembahkan Abdullah (Ayah Muhammad) dan 10 unta sebagai kurban persembahan dan melemparkan panah undian.(Tradisi melemparkan panah undian adalah cara untuk mengetahui kehendak bilah, seperti dadu undian). Dia ingin tahu apakah dia harus tetap meneruskan mempersembahkan anaknya, hasilnya adalah dia tidak perlu mempersembahkan anaknya). Pada saat itu orang dari suku Qurais berkata kepada Abdul Muttalib yang berdiri di dekat Hubal dan sedang berdoa kepada bilah’, “Sudah Selesai! Allah-mu, berkenan kepada-mu. Jelas-lah Hubal merupakan dewa utama dalam Ka’abah dan di sampingnya terdapat tujuh anak panah yang biasa digunakan saat ritual haji mereka.

    ReplyDelete
  13. …kemudian ritual Haji tersebut yang disadur oleh Muhammad masih tetap mempertahankan tata cara penyembahan Pagan sebelumnya itu, dengan melakukan sedikit perubahan narasi bahwa Ka'bah merupakan buatan Ibrahim dan Ismael. Dalam suatu kajian menyatakan bahwa Islam meminjam nama “Allah” dari suku-suku Arab purba, yang disebut buat Hubal atau BAAL. Namun saya juga tidak membela kaum Katholik, karena katolik cenderung menyebarkan agama Kristen yang keliru dimana membuat patung Bunda Maria yang disembah seperti dewi, seperti yang disembah oleh penyembah Pagan. Ini akibat Katholik terlalu terkontaminasi dengan dewa-dewa Romawi maupun Yunani yang awalnya dijadikan sebagai sarana untuk memenangkan hati bangsa Romawi dan Yunani menjadi Kristen, namun kemudian terkontaminasi dan melegitimasinya seperti penyembahan berhala, sehingga ini menjadi batu sandungan bagi bangsa Arab yang menganggap itu sebagai bagian dari Paganisme mereka yang digambarkan dalam Ka'bah....

    ReplyDelete
  14. Antara keduanya, baik Islam maupun Katolik mempunyai kemiripan dengan ajaran Paganisme yang membudaya dikalangan bangsa Arab.
    "Jadi orang buta akan menuntun orang buta, tetapi sama-sama akan jatuh kedalam lubang juga". Kepada umat Muslim, kepercayaan kepada YESUS KRISTUS bukanlah suatu agama buatan manusia, tetapi "Kristen" yang sebenarnya berbeda dari Yahudi, Katolik, Nashrani, Majusi dan lainnya. Ajaran Yesus Kristus itu telah banyak ditafsirkan secara keliru karena oleh orang-orang yang mengaku Kristen tetapi aarannya menggunakan ajaran dari akal pikiran manusia. Termasuk anda-anda yang melakukan riual keagamaan sesuai petunjuk nabi yang sebenarnya melegitimasi kepercayaan Pagan yang dianut masyarakat Arab umumnya--yang diimport dari Mesir, Syiriah, Yaman, Roma, yunani yang kesemuanya berinduk pada kepercayaan bangsa Mesopotamia Kuno dahulu, dan dikombinasikan dengan ajaran kepercayaan Ibrani (Taurat Musa, Zabur dan kitab lainnya), termasuk ajaran bidat Nashrani (salah satunya imamnya : Waraqah bin Naufal yang sepupu Khajidah istri pertama ipar Muhammad bin Abdullah).

    ReplyDelete
  15. Dan saya bisa bantu menjelaskan kepada saudara-saudaraku secara gambling dan logis tentang “kepercayaan Abraham yang sesungguhnya”, dimana semua keyakinan Abraham tersebut telah dinyatakan oleh YESUS KRISTUS pada saat Dia datang kedunia, yang kemudian ditentang oleh Para Imam yahudi dan Ahli-Ahli Taurat.
    Dan sebenarnya siapakah TUHAN ALLAH Pencipta Langit dan Bumi yang selama berabad-abad dicari umat manusia, sehingga selalu salah dalam menafsirkan ajaran tentang TUHAN dan berbentuk agama-agama di dunia : Yahudi, Katholik, Islam, Budha, Hindu, Konghucu, Tao, Shinto, Majusi, dan lainnya.
    Bahkan konsep Trinitas “TUHAN” yang sebenarnya, karena banyak yang keliru dalam penafsirannya dan menimbulkan perbantahan diantara mereka. Ini pun akan saya jelaskan dengan sederhana, karena saya bukan seorang Ahli Theologia Katholik atau Protestan, namun saya adalah salah satu pengikut KRISTUS yang dipilih menjadi Bangsa Pilihan TUHAN yang dimaksudkan dalam Al-Kitab, sebab Bangsa Pilihan TUHAN akan diambil dari berbagai suku, bangsa dan bahasa di alam semesta ini.

    Silahkan buka di www.PutraTimur.com, terdapat rahasia tersembunyi selama berabad-abad.

    Salam hormat saya,
    PUTRA TIMUR

    ReplyDelete
  16. Silahkan saudara-saudaraku membaca dalam http://cartermangar.simplesite.com/

    Terima kasih.

    ReplyDelete
  17. klo saya sih... ga percay cerita2... cerita hanya karangan org2 bisa di tambah bisa di kurangin isi nya... yg saya percaya hanya yesus... saya katholik...

    yah liat saja nanti agama siapa yg benar apakah islam,katholik,protestan,hindu,budha...

    dari sini kembali ke kepercayaan masing2 jgn saling hina agama org....

    ReplyDelete
  18. Ga usa liat agamanya,
    liat org nya saja.
    Bnyk koq pendeta tp kriminal/penjahat, ato ustad tp pemerkosa dan pengedar narkoba,
    dll, semua tergantung dr manusia nya,
    ga sedikit org atheis tp memiliki kelakuan yang sopan dan bijak,

    kl agama kalian ingin dihormati dan dihargai,
    pertama2 jagalah kelakuan dan mulut kalian,
    Hormarilah agama lain jika ingin agama kamu dihormati,
    Jgn pernah mencela agama lain, blm tentu agama yg kamu peluk itu benar,
    jg blm tentu kelakuan kamu benar,
    Yg pst semua agama mengajarkan kebaikan dalam kehidupan.
    Setiap kata2 dan tindakan kita akan di pertanggungjawabkan di kehidupan berikutnya

    Kl seluruh indonesa org2ny kyk kalian semua perang agama deh,y hancur deh, saling membantai, itulah sebabnya pemerintah menciptakan pancasila, negara mengakui 5 agama, dan saling menghormati
    Buat yg suka SARA, mending minggat dr NKRI

    ReplyDelete
  19. Ak hanya berdo'a Semuga mendapat hidayah dr Allah Saw.Agar di beri keyakinan yg benar.Allah menyatakan dlm Alqur'an أَيْنَمَا تَكُونُوا يُدْرِكْكُمُ الْمَوْتُ وَلَوْ كُنْتُمْ فِي بُرُوجٍ مُشَيَّدَةٍ di manapun kalian berada niscaya ketemu dg yg namananya mati walaupun seandainya kalian beri benteng yg kuat.secara fakta mati kan? ya itu sy sangat percaya kpd Allah.

    ReplyDelete
  20. Yang akan datang sebagai HAKIM AGUNG, Dialah yang menentukan

    ReplyDelete
  21. Aku Islam, aku cinta Islam. Tapi aku menghargai agama orang lain.

    Yang jelas yah.. kalau ada orang yang berbuat salah, yang disalahkan jangan agamanya tapi orangnya! Lagi pula author nya juga bikin post yang mengandung bait, jadi begini dah.

    Lagi pula kalau perdebatan agama terus di lanjutkan bisa jadi perang dunia selanjutnya nih, gawat! Aku juga belum mengumpulkan pahala yang banyak lagi, kalau mati gimana?

    ReplyDelete
  22. Silsilah Nabi Muhammad aja masih bersalahan. Sementara didalam kak'bah hanya sebuah sumur. Mana patung bunda Maria?

    Kalo mau cari informasi yang benar saja. #beritahoax

    ReplyDelete
  23. Silsilah Nabi Muhammad aja masih bersalahan. Sementara didalam kak'bah hanya sebuah sumur. Mana patung bunda Maria?

    Kalo mau cari informasi yang benar saja. #beritahoax

    ReplyDelete