Monday, February 23, 2015

Bukti menurut Alkitab Yesus adalah Tuhan !!

Yohanes 13:13 Kamu menyebut Aku Guru dan Tuhan, dan katamu itu tepat, sebab memang Akulah Guru dan Tuhan.

BUKTI-BUKTI KITAB SUCI DAN KUASA ALLAH YESUS ADALAH TUHAN, YESUS ADALAH FIRMAN TUHAN ALLAH YANG ADA DAN YANG SUDAH ADA DAN YANG AKAN DATANG, YESUS ADALAH TUHAN YANG MAHA KUASA.
Kata KUNCI
a.      Anak Manusia (Yesus) adalah Tuhan
Mat 12:8  Karena Anak Manusia adalah Tuhan atas hari Sabat."
Mrk 2:28  jadi Anak Manusia adalah juga Tuhan atas hari Sabat."
Luk 6:5  Kata Yesus lagi kepada mereka: "Anak Manusia adalah Tuhan atas hari Sabat."

b.      Akulah Dia (Dia adalah Bapa adalah Allah)
Yoh 8:24  Karena itu tadi Aku berkata kepadamu, bahwa kamu akan mati dalam dosamu; sebab jikalau kamu tidak percaya, bahwa Akulah Dia, kamu akan mati dalam dosamu."
Yohanis 12:44  Tetapi Yesus berseru kata-Nya: "Barangsiapa percaya kepada-Ku, ia bukan percaya kepada-Ku, tetapi kepada Dia, yang telah mengutus Aku;
Yohanis 12:45  dan barangsiapa melihat Aku, ia melihat Dia, yang telah mengutus Aku.
Yoh 14:9  Kata Yesus kepadanya: "Telah sekian lama Aku bersama-sama kamu, Filipus, namun engkau tidak mengenal Aku? Barangsiapa telah melihat Aku, ia telah melihat Bapa; bagaimana engkau berkata: Tunjukkanlah Bapa itu kepada kami.

c.       Allah dipermuliakan di dalam Dia (Dia adalah Anak Manusia (Yesus))
Yoh 13:31  Sesudah Yudas pergi, berkatalah Yesus: "Sekarang Anak Manusia dipermuliakan dan Allah dipermuliakan di dalam Dia.

d.      Akulah Tuhan
Yoh 13:13  Kamu menyebut Aku Guru dan Tuhan, dan katamu itu tepat, sebab memang Akulah Guru dan Tuhan.

e.       Aku dan Bapa (Bapa adalah Allah) adalah satu
Yoh 10:30  Aku dan Bapa adalah satu."
Nasihat untuk mereka yang tidak percaya dan kurang percaya YESUS adalah TUHAN, Allah semesta alam, TUHAN nama-Nya YESUS Yang MahaKuasa dan tidak ada tuhan atau allah yang lain atau nama tuhan allah lain yang bertahkta di kerajaan sorga, dan tidak ada tuhan atau allah yang lain atau nama tuhan allah lain yang mengakui menjamin keselamatan, dan tidak ada tuhan atau allah lain atau nama tuhan allah lain yang memegang segala kunci maut dan kerajaan maut, dan tidak ada tuhan atau allah lain atau nama tuhan allah lain yang mampu mengampuni segala dosa manusia di dunia, tidak ada tuhan atau allah lain atau nama tuhan allah lain yang menciptakan sorga, langit dan bumi dan segala isinya yang kelihatan dan tidak kelihatan.
Amsal 12:28  Di jalan kebenaran terdapat hidup, tetapi jalan kemurtadan menuju maut.
Yoh 13:13  Kamu menyebut Aku Guru dan Tuhan, dan katamu itu tepat, sebab memang Akulah Guru dan Tuhan.
Yesaya 42:8  Aku ini TUHAN, itulah nama-Ku; Aku tidak akan memberikan kemuliaan-Ku kepada yang lain atau kemasyhuran-Ku kepada patung.
Why 1:8  "Aku adalah Alfa dan Omega, firman Tuhan Allah, yang ada dan yang sudah ada dan yang akan datang, Yang Mahakuasa."
AKULAH AKU telah mengutus aku kepadamu, Aku Telah Mati, Namun Lihatlah, Aku Adalah Yang Hidup, Aku Adalah Yang Maha Kuasa, Aku Adalah Firman Tuhan Allah, Aku Memegang Segala Kunci Maut Dan Kerajaan Maut, Aku Hidup Sampai Selama-Lamanya, Aku Adalah Alfa Dan Omega.
Aku adalah Pengampunan dosa, Aku adalah sebutan Allah yang tidak kelihatan yang terutama di dunia dan di akhirat, Aku adalah Pencipta Sorga yang kelihatan maupun yang tidak kelihatan, Aku adalah Pencipta bumi yang kelihatan maupun yang tidak kelihatan, Aku adalah Pencipta singgasana yang kelihatan maupun yang tidak kelihatan, Aku adalah Pencipta kerajaan yang kelihatan maunpun yang tidak kelihatan, Aku adalah Pencipta pemerintah yang kelihatan maupun yang tidak kelihatan, Aku adalah Pencipta penguasa yang kelihatan maupun yang tidak kelihatan,
Aku adalah Pencipta segala sesuatu oleh Aku dan untuk Aku. Aku adalah Alfa dari segala sesuatu yang telah diciptakan oleh Aku, dan segala sesuatu yang diciptakan oleh Aku ada di dalam Aku.
(Kel 3:14; Wahyu 1:8; Wahyu 17-18; Kolose 1:13-17)

1.      Pengakuan Yesus adalah Guru dan Tuhan pada saat Firman menjadi manusia yang sudah ada
Guru dan Tuhan.

Yoh 13:13 Kamu menyebut Aku Guru dan Tuhan, dan katamu itu tepat, sebab memang Akulah Guru dan Tuhan.
Lukas 4:8  Tetapi Yesus berkata kepadanya: "Ada tertulis: Engkau harus menyembah Tuhan, Allahmu, dan hanya kepada Dia sajalah engkau berbakti!"

Kebenaran Ayat Yohanis 13:13 telah disebutkan dengan TEGAS YESUS adalah Guru dan Tuhan. Dan Lukas 4:8 dengan TEGAS mengatakan “Engkau harus menyembah Tuhan, Allahmu dan hanya kepada Dia sajalah engkau berbakti” Dan inilah yang dimaksudkan oleh Yesus hanya kepada Yesus yang adalah Tuhan, Allahmu dan hanya kepada Yesus sajalah engkau berbakti.

Yer 10:10  Tetapi TUHAN adalah Allah yang benar, Dialah Allah yang hidup dan Raja yang kekal. Bumi goncang karena murka-Nya, dan bangsa-bangsa tidak tahan akan geram-Nya.
Penjelasan : Yer 10:10 terdapat makna TUHAN itu sendiri yaitu
a.      Allah yang benar
b.      Allah yang hidup
Yoh 14:6  Kata Yesus kepadanya: "Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorangpun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku.
Penjelasan : Bandingkan dengan Yohanis 13:3; Yohanis 14:6 dengan Yer 10:10; Yohanis 1:1
a.      Mengapa Yesus disebut Firman karena Firman telah menjadi manusia

b.      Mengapa Yesus disebut Allah yang benar karena Yesus adalah Firman, Firman adalah Allah, Firman adalah Kebenaran, maka Yesus adalah Allah yang benar.

c.       Mengapa Yesus disebut Allah yang hidup karena Yesus adalah Firman, Firman adalah Allah, Firman telah menjadi manusia (Sorga-lahir – mati – bangkit-Sorga), maka Yesus adalah Firman yang hidup (Sorga-dunia-Sorga) dengan demikian Yesus adalah Allah yang hidup (Sorga-dunia-Sorga).

d.      Mengapa Yesus disebut Tuhan karena Yesus adalah Firman yang adalah Allah yang benar dan Firman yang adalah Allah yang hidup.

Yohanis 1:1  Pada mulanya adalah Firman; Firman itu bersama-sama dengan Allah dan Firman itu adalah Allah.
Yohanis 1:14  Firman itu telah menjadi manusia, dan diam di antara kita, dan kita telah melihat kemuliaan-Nya, yaitu kemuliaan yang diberikan kepada-Nya sebagai Anak Tunggal Bapa, penuh kasih karunia dan kebenaran.
Penjelasan : Yohanis 1:1 dan Yohanis 1:14
a.      Firman itu bersama-sama dengan Allah
b.      Firman itu adalah Allah
c.       Firnan itu telah menjadi manusia
d.      Firman itu telah menjadi manusia penuh kasih karunia dan kebenaran

Firman adalah Allah (Yohanis 1:1) dan Firman-Mu adalah Kebenaran (Mzm 119:160 ; Yoh 17:17)
Yoh 14:6  Kata Yesus kepadanya: "Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorangpun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku.

Dan Karena di dalam Yesus yang adalah Firman, dan Firman itu adalah Allah, dan karena Firman adalah ayat-ayat Kebenaran dan Kehidupan yang menghidupkan manusia yaitu keselamatan kehidupan kekal di dalam Kerajaan Sorga. Dan barangsiapa yang menuruti segala perintah Firman yang adalah Allah, maka ia telah menyembah kepada Allah yang benar. Dan Allah yang benar adalah Tuhan Yesus Kristus yang adalah Firman Kebenaran yang hidup yang ada dan yang sudah ada dan yang akan datang dan yang hidup.

Dan Kebenaran Yesus adalah Tuhan ini dibenarkan dan diakui oleh penulisan Surat Paulus yang pertama kepada Jemaat di Korintus 1 Korintus 8:6 namun bagi kita hanya ada satu Allah saja, yaitu Bapa, yang dari pada-Nya berasal segala sesuatu dan yang untuk Dia kita hidup, dan satu Tuhan saja, yaitu Yesus Kristus, yang oleh-Nya segala sesuatu telah dijadikan dan yang karena Dia kita hidup.

Dan Kebenaran Tuhan adalah Yesus Kristus dan dari Kata “Tuhan” maka semua nats Ayat Alkitab dari Perjanjian Lama sampai pada Perjanjian Baru, maka sesungguhnya yang dimaksudkan Tuhan adalah Yesus Kristus.

Kesaksian oleh Yohanes berada di pulau yang bernama Patmos oleh karena firman Allah dan kesaksian yang diberikan oleh Yesus.

2.      Pengakuan Yesus adalah Alfa dan Omega
Wahyu 1:8  "Aku adalah Alfa dan Omega, firman Tuhan Allah, yang ada dan yang sudah ada dan yang akan datang, Yang Mahakuasa."
Alfa adalah huruf pertama dari alfabet Yunani dan _Omega_ adalah huruf terakhir. Allah itu kekal, dari penciptaan sampai kesudahannya, Ia adalah Tuhan di atas semuanya. Ialah yang akhirnya menang atas kejahatan dan memerintah segala sesuatu

Yesaya 44:6  Beginilah firman TUHAN, Raja dan Penebus Israel, TUHAN semesta alam: "Akulah yang terdahulu dan Akulah yang terkemudian; tidak ada Allah selain dari pada-Ku.

Wahyu 22:12  "Sesungguhnya Aku datang segera dan Aku membawa upah-Ku untuk membalaskan kepada setiap orang menurut perbuatannya.

Wahyu 22:13  Aku adalah Alfa dan Omega, Yang Pertama dan Yang Terkemudian, Yang Awal dan Yang Akhir."

Wahyu 21:6  Firman-Nya lagi kepadaku: "Semuanya telah terjadi. Aku adalah Alfa dan Omega, Yang Awal dan Yang Akhir. Orang yang haus akan Kuberi minum dengan cuma-cuma dari mata air kehidupan.

3.      Pengakuan Yesus adalah Firman Tuhan Allah
Wahyu 1:8  "Aku adalah Alfa dan Omega, firman Tuhan Allah, yang ada dan yang sudah ada dan yang akan datang, Yang Mahakuasa."

4.      Pengakuan Yesus adalah yang ada dan yang sudah ada dan yang akan datang
Wahyu 1:8  "Aku adalah Alfa dan Omega, firman Tuhan Allah, yang ada dan yang sudah ada dan yang akan datang, Yang Mahakuasa."

5.      Pengakuan Yesus adalah Yang Maha Kuasa
Wahyu 1:8  "Aku adalah Alfa dan Omega, firman Tuhan Allah, yang ada dan yang sudah ada dan yang akan datang, Yang Mahakuasa."

Wahyu 4:8 Dan keempat makhluk itu masing-masing bersayap enam, sekelilingnya dan di sebelah dalamnya penuh dengan mata, dan dengan tidak berhenti-hentinya mereka berseru siang dan malam: "Kudus, kudus, kuduslah Tuhan Allah, Yang Mahakuasa, yang sudah ada dan yang ada dan yang akan datang."

Wahyu 15:3  Dan mereka menyanyikan nyanyian Musa, hamba Allah, dan nyanyian Anak Domba, bunyinya: "Besar dan ajaib segala pekerjaan-Mu, ya Tuhan, Allah, Yang Mahakuasa! Adil dan benar segala jalan-Mu, ya Raja segala bangsa!

Wahyu 19:6  Lalu aku mendengar seperti suara himpunan besar orang banyak, seperti desau air bah dan seperti deru guruh yang hebat, katanya: "Haleluya! Karena Tuhan, Allah kita, Yang Mahakuasa, telah menjadi raja.

6.      Pengakuan Yesus Memegang segala kunci maut dan kerajaan maut
Wahyu 1:18  dan Yang Hidup. Aku telah mati, namun lihatlah, Aku hidup, sampai selama-lamanya dan Aku memegang segala kunci maut dan kerajaan maut.

Kesaksian Yesus kepada yohanes, Yesus adalah Firman Tuhan Allah, yang ada dan yang sudah ada dan yang akan datang, Yang MahaKuasa.

7.      Pengakuan Yesus adalah Firman Tuhan Allah, Yesus adalah Tuhan Yang Maha Kuasa, Yesus adalah Allah yang benar dan Allah yang hidup.
Kej 17:1  Ketika Abram berumur sembilan puluh sembilan tahun, maka TUHAN menampakkan diri kepada Abram dan berfirman kepadanya: "Akulah Allah Yang Mahakuasa, hiduplah di hadapan-Ku dengan tidak bercela.

Kel 6:3  (6-2) Aku telah menampakkan diri kepada Abraham, Ishak dan Yakub sebagai Allah Yang Mahakuasa, tetapi dengan nama-Ku TUHAN Aku belum menyatakan diri.

Rut 1:21  Dengan tangan yang penuh aku pergi, tetapi dengan tangan yang kosong TUHAN memulangkan aku. Mengapakah kamu menyebutkan aku Naomi, karena TUHAN telah naik saksi menentang aku dan Yang Mahakuasa telah mendatangkan malapetaka kepadaku."

Mzm 50:1  Mazmur Asaf. Yang Mahakuasa, TUHAN Allah, berfirman dan memanggil bumi, dari terbitnya matahari sampai kepada terbenamnya.

Yes 13:6  Merataplah, sebab hari TUHAN sudah dekat, datangnya sebagai pemusnahan dari Yang Mahakuasa.

Yes 60:16  Engkau akan mengisap susu bangsa-bangsa dan akan meminum susu kerajaan-kerajaan maka engkau akan mengetahui, bahwa Akulah, TUHAN, Juruselamatmu, dan Penebusmu, Yang Mahakuasa, Allah Yakub.

Yl 1:15  Wahai, hari itu! Sungguh, hari TUHAN sudah dekat, datangnya sebagai pemusnahan dari Yang Mahakuasa.

2Kor 6:18  Dan Aku akan menjadi Bapamu, dan kamu akan menjadi anak-anak-Ku laki-laki dan anak-anak-Ku perempuan demikianlah firman Tuhan, Yang Mahakuasa."

Why 1:8  "Aku adalah Alfa dan Omega, firman Tuhan Allah, yang ada dan yang sudah ada dan yang akan datang, Yang Mahakuasa."

Why 4:8  Dan keempat makhluk itu masing-masing bersayap enam, sekelilingnya dan di sebelah dalamnya penuh dengan mata, dan dengan tidak berhenti-hentinya mereka berseru siang dan malam: "Kudus, kudus, kuduslah Tuhan Allah, Yang Mahakuasa, yang sudah ada dan yang ada dan yang akan datang."

Why 11:17  sambil berkata: "Kami mengucap syukur kepada-Mu, ya Tuhan, Allah, Yang Mahakuasa, yang ada dan yang sudah ada, karena Engkau telah memangku kuasa-Mu yang besar dan telah mulai memerintah sebagai raja

Why 15:3  Dan mereka menyanyikan nyanyian Musa, hamba Allah, dan nyanyian Anak Domba, bunyinya: "Besar dan ajaib segala pekerjaan-Mu, ya Tuhan, Allah, Yang Mahakuasa! Adil dan benar segala jalan-Mu, ya Raja segala bangsa!

Why 16:7  Dan aku mendengar mezbah itu berkata: "Ya Tuhan, Allah, Yang Mahakuasa, benar dan adil segala penghakiman-Mu."

Why 19:6  Lalu aku mendengar seperti suara himpunan besar orang banyak, seperti desau air bah dan seperti deru guruh yang hebat, 

8.      TUHAN YESUS KRISTUS adalah Allah yang benar dan Allah yang hidup yang maha kuasa semua makhluk menyembah kepada TUHAN YESUS KRISTUS.http://ulangan6ayat4.blogspot.com
Kel 20:5  Jangan sujud menyembah kepadanya atau beribadah kepadanya, sebab Aku, TUHAN, Allahmu, adalah Allah yang cemburu, yang membalaskan kesalahan bapa kepada anak-anaknya, kepada keturunan yang ketiga dan keempat dari orang-orang yang membenci Aku,
Penjelasan :  TUHAN Yesus Kristus adalah Allah kita Allah yang esa bagi kita semua, Tuhan itu esa, TUHAN Allah kita,  Allah yang patut kita sujud dan menyembah yaitu adalah TUHAN yang esa! Dan bandingkan dengan Markus 12:29  Jawab Yesus: "Hukum yang terutama ialah: Dengarlah, hai orang Israel, Tuhan Allah kita, Tuhan itu esa (1 Korintus 8:6)  bandingkan dengan  (Yohanis 10:30).

Ul 5:9  Jangan sujud menyembah kepadanya atau beribadah kepadanya, sebab Aku, TUHAN Allahmu, adalah Allah yang cemburu, yang membalaskan kesalahan bapa kepada anak-anaknya dan kepada keturunan yang ketiga dan keempat dari orang-orang yang membenci Aku,
Penjelasan :  TUHAN Yesus Kristus adalah Allah kita Allah yang esa bagi kita semua, Tuhan itu esa, TUHAN Allah kita,  Allah yang patut kita sujud dan menyembah yaitu adalah TUHAN yang esa! Dan bandingkan dengan Markus 12:29  Jawab Yesus: "Hukum yang terutama ialah: Dengarlah, hai orang Israel, Tuhan Allah kita, Tuhan itu esa (1 Korintus 8:6)  bandingkan dengan  (Yohanis 10:30).

Dan Inilah Kebenaran YESUS KRISTUS adalah TUHAN yang Maha Tinggi Maha Kebenaran diatas Kebenaran seluruh makluk hidup di dalam bentangan langit di atas langit dan seluruh kolong langit bertekuk lutut menyembah TUHAN yang Maha Tinggi yang ada yang sudah ada dan dengan akan datang kekal abadi selamanya.

9.      Kesaksian Yesus kepada yohanes, Yesus adalah Firman Tuhan Allah, Aku telah mati, namun lihatlah, Aku hidup, sampai selama-lamanya yang ada dan yang sudah ada dan yang akan datang, Yang MahaKuasa.
1.)    Bukti-Bukti Yesus Adalah Tuhan Dengan Nubuat Dan Penggenapan Kelahiran Tuhan Yesus Kristus Yang Mahakuasa Maha Kebenaran yang esa pula Allah kita yang benar. http://kasih-tuhan-yesus-kristus.blogspot.com/
2.)    Bukti-Bukti Yesus Adalah Tuhan Dengan Nubuat Dan Penggenapan Kematian, Kebangkitan Dan Kedatangan Kedua Kali Tuhan Yesus Kristus Yang Mahakuasa Maha Kebenaran yang esa pula Allah kita yang benar. http://kasih-tuhan-yesus-kristus.blogspot.com/

10.  Kesaksian Yesus kepada yohanes, Yesus adalah Firman Tuhan Allah, Aku telah mati, namun lihatlah, Aku hidup, sampai selama-lamanya yang ada dan yang sudah ada dan yang akan datang, Yang MahaKuasa.
Bukti-bukti YESUS KRISTUS adalah TUHAN ALLAH yang adalah FIRMAN TUHAN ALLAH yang MAHAKUASA MAHA KEBENARAN yang esa pula Allah kita yang benar Allah yang Berpribadi.
http://kasih-tuhan-yesus-kristus.blogspot.com/2012/11/yoh-1313-kamu-menyebut-aku-guru-dan_12.html

11.  Pengakuan Yesus adalah Tuhan di depan banyak orang untuk melakukan segala perintah-Nya
Matius 7:21  Bukan setiap orang yang berseru kepada-Ku: Tuhan, Tuhan! akan masuk ke dalam Kerajaan Sorga, melainkan dia yang melakukan kehendak Bapa-Ku yang di sorga.
Lukas 10:46  "Mengapa kamu berseru kepada-Ku: Tuhan, Tuhan, padahal kamu tidak melakukan apa yang Aku katakan?

12.  Pengakuan Yesus adalah Tuhan yang menghidupkan jiwa manusia yang mati, dan kepada mereka yang lapar dan haus akan Kebenaran Allah yang benar dan Kebenaran Allah yang hidup, barangsiapa yang datang tidak akan lapar lagi, dan barangsiapa yang percaya tidak akan haus lagi. Yesus adalah Roti  Roti yang benar dari Sorga dan Roti hidup yang turun dari Sorga yang memberikan hidup kepada dunia.
Yohanis 6:30  Maka kata mereka kepada-Nya: "Tanda apakah yang Engkau perbuat, supaya dapat kami melihatnya dan percaya kepada-Mu? Pekerjaan apakah yang Engkau lakukan?

Yohanis 6:31  Nenek moyang kami telah makan manna di padang gurun, seperti ada tertulis: Mereka diberi-Nya makan roti dari sorga."

Yohnais 6:32  Maka kata Yesus kepada mereka: "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya bukan Musa yang memberikan kamu roti dari sorga, melainkan Bapa-Ku yang memberikan kamu roti yang benar dari sorga.

Yohanis 6:33  Karena roti yang dari Allah ialah roti yang turun dari sorga dan yang memberi hidup kepada dunia."

Yohanis 6:34  Maka kata mereka kepada-Nya: "Tuhan, berikanlah kami roti itu senantiasa."

Yohanis 6:35  Kata Yesus kepada mereka: "Akulah roti hidup; barangsiapa datang kepada-Ku, ia tidak akan lapar lagi, dan barangsiapa percaya kepada-Ku, ia tidak akan haus lagi.

13.  Pengakuan Yesus adalah Tuhan di depan banyak orang dan juga pada penghakiman pengadilan terakhir pada akhir zaman di depan kebangkitan jiwa seluruh umat manusia dari awal zaman sampai akhir zaman.
Matius 7:22  Pada hari terakhir banyak orang akan berseru kepada-Ku: Tuhan, Tuhan, bukankah kami bernubuat demi nama-Mu, dan mengusir setan demi nama-Mu, dan mengadakan banyak mujizat demi nama-Mu juga?

Matius 7:23  Pada waktu itulah Aku akan berterus terang kepada mereka dan berkata: Aku tidak pernah mengenal kamu! Enyahlah dari pada-Ku, kamu sekalian pembuat kejahatan!"

14.  Pengakuan Yesus adalah Penguasa berkuasa mengampuni dosa seluruh dosa manusia di dunia.
Matius 9:6  Tetapi supaya kamu tahu, bahwa di dunia ini Anak Manusia berkuasa mengampuni dosa"  —  lalu berkatalah Ia kepada orang lumpuh itu  — : "Bangunlah, angkatlah tempat tidurmu dan pulanglah ke rumahmu!"

15.  Pengakuan Yesus adalah Tuhan atas hari Sabat
Matius 12:6  Aku berkata kepadamu: Di sini ada yang melebihi Bait Allah.

Matius 12:8  Karena Anak Manusia adalah Tuhan atas hari Sabat."

Luk 6:5  Kata Yesus lagi kepada mereka: "Anak Manusia adalah Tuhan atas hari Sabat."

Im 19:30  Kamu harus memelihara hari-hari sabat-Ku dan menghormati tempat kudus-Ku; Akulah TUHAN.

Kel 16:23  Lalu berkatalah Musa kepada mereka: "Inilah yang dimaksudkan TUHAN: Besok adalah hari perhentian penuh, sabat yang kudus bagi TUHAN; maka roti yang perlu kamu bakar, bakarlah, dan apa yang perlu kamu masak, masaklah; dan segala kelebihannya biarkanlah di tempatnya untuk disimpan sampai pagi."

Kel 16:25  Selanjutnya kata Musa: "Makanlah itu pada hari ini, sebab hari ini adalah sabat untuk TUHAN, pada hari ini tidaklah kamu mendapatnya di padang.

Kel 20:10  tetapi hari ketujuh adalah hari Sabat TUHAN, Allahmu; maka jangan melakukan sesuatu pekerjaan, engkau atau anakmu laki-laki, atau anakmu perempuan, atau hambamu laki-laki, atau hambamu perempuan, atau hewanmu atau orang asing yang di tempat kediamanmu.

Kel 20:11  Sebab enam hari lamanya TUHAN menjadikan langit dan bumi, laut dan segala isinya, dan Ia berhenti pada hari ketujuh; itulah sebabnya TUHAN memberkati hari Sabat dan menguduskannya.

Kel 31:13  "Katakanlah kepada orang Israel, demikian: Akan tetapi hari-hari Sabat-Ku harus kamu pelihara, sebab itulah peringatan antara Aku dan kamu, turun-temurun, sehingga kamu mengetahui, bahwa Akulah TUHAN, yang menguduskan kamu.

Yeh 44:24  Di dalam sesuatu perkara mereka harus bertindak sebagai hakim dan mereka harus menghakiminya menurut peraturan-peraturan-Ku; mereka harus berpegang pada hukum-hukum-Ku dan ketetapan-ketetapan-Ku pada hari-hari raya-Ku dan menguduskan hari-hari Sabat-Ku.

Yes 56:4  Sebab beginilah firman TUHAN: "Kepada orang-orang kebiri yang memelihara hari-hari Sabat-Ku dan yang memilih apa yang Kukehendaki dan yang berpegang kepada perjanjian-Ku,

Yes 56:6  Dan orang-orang asing yang menggabungkan diri kepada TUHAN untuk melayani Dia, untuk mengasihi nama TUHAN dan untuk menjadi hamba-hamba-Nya, semuanya yang memelihara hari Sabat dan tidak menajiskannya, dan yang berpegang kepada perjanjian-Ku,

Yeh 20:12  Hari-hari Sabat-Ku juga Kuberikan kepada mereka menjadi peringatan di antara Aku dan mereka, supaya mereka mengetahui bahwa Akulah TUHAN, yang menguduskan mereka.

Yeh 20:20  kuduskanlah hari-hari Sabat-Ku, sehingga itu menjadi peringatan di antara Aku dan kamu, supaya orang mengetahui bahwa Akulah TUHAN, Allahmu.

16.  Pengakuan Yesus adalah Dia
Yohanis 8:24  Karena itu tadi Aku berkata kepadamu, bahwa kamu akan mati dalam dosamu; sebab jikalau kamu tidak percaya, bahwa Akulah Dia, kamu akan mati dalam dosamu."

Yohanis 8:27  Mereka tidak mengerti, bahwa Ia berbicara kepada mereka tentang Bapa.

Yohanis 8:28  Maka kata Yesus: "Apabila kamu telah meninggikan Anak Manusia, barulah kamu tahu, bahwa Akulah Dia, dan bahwa Aku tidak berbuat apa-apa dari diri-Ku sendiri, tetapi Aku berbicara tentang hal-hal, sebagaimana diajarkan Bapa kepada-Ku.

Yesaya 52:6  Sebab itu umat-Ku akan mengenal nama-Ku dan pada waktu itu mereka akan mengerti bahwa Akulah Dia yang berbicara, ya Aku!

17.  Pengakuan Yesus adalah Dia, dan “Dia yang  telah mengutus Aku, barangsiapa percaya kepada-Ku.”
Yohanis 12:44   Tetapi Yesus berseru kata-Nya: "Barangsiapa percaya kepada-Ku, ia bukan percaya kepada-Ku, tetapi kepada Dia, yang telah mengutus Aku;

Kebenaran untuk memahami pengakuan Yesus adalah Dia
a.)    Yohanis 10:30  Aku dan Bapa adalah satu."
b.)    Yohanis 10:10  Tidak percayakah engkau, bahwa Aku di dalam Bapa dan Bapa di dalam Aku? Apa yang Aku katakan kepadamu, tidak Aku katakan dari diri-Ku sendiri, tetapi Bapa, yang diam di dalam Aku, Dialah yang melakukan pekerjaan-Nya.
c.)    Yohanis 10:11  Percayalah kepada-Ku, bahwa Aku di dalam Bapa dan Bapa di dalam Aku; atau setidak-tidaknya, percayalah karena pekerjaan-pekerjaan itu sendiri.


18.  Pengakuan Yesus adalah Dia, dan “Dia yang  telah mengutus Aku, barangsiapa melihat Aku.”
Yohanis 12:45  dan barangsiapa melihat Aku, ia melihat Dia, yang telah mengutus Aku.

Ul 32:39  Lihatlah sekarang, bahwa Aku, Akulah Dia. Tidak ada Allah kecuali Aku. Akulah yang mematikan dan yang menghidupkan, Aku telah meremukkan, tetapi Akulah yang menyembuhkan, dan seorangpun tidak ada yang dapat melepaskan dari tangan-Ku.
                                  
19.  Pengakuan Yesus adalah Firman adalah milik kepunyaan Yesus
Yohanis 8:43  Apakah sebabnya kamu tidak mengerti bahasa-Ku? Sebab kamu tidak dapat menangkap firman-Ku.

Yohanis 1:1  Pada mulanya adalah Firman; Firman itu bersama-sama dengan Allah dan Firman itu adalah Allah.

Yohanis 14:15  "Jikalau kamu mengasihi Aku, kamu akan menuruti segala perintah-Ku.

Kej 26:5  karena Abraham telah mendengarkan firman-Ku dan memelihara kewajibannya kepada-Ku, yaitu segala perintah, ketetapan dan hukum-Ku."

Mzm 119:160  Dasar firman-Mu adalah kebenaran dan segala hukum-hukum-Mu yang adil adalah untuk selama-lamanya.

Yoh 17:17  Kuduskanlah mereka dalam kebenaran; firman-Mu adalah kebenaran.

Kebenaran untuk memahami firman-Ku adalah pengakuan Yesus adalah Firman adalah milik kepunyaan Yesus.

a.)    firman-Ku adalah segala perintah, ketetapan dan hukum-Ku.
b.)    firman-Mu adalah kebenaran.
c.)    firman-Ku adalah segala perintah adalah kebenaran
d.)    firman-Ku adalah segala ketetapan adalah kebenaran
e.)    firman-Ku adalah segala hukum adalah kebenaran

Yoh 14:6  Kata Yesus kepadanya: "Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorangpun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku.
                      
Kebenaran untuk memahami firman-Ku adalah pengakuan Yesus adalah firman adalah jalan kebenaran dan hidup.

a.)    Pengertian Yohanis 14:6 adalah segala perintah-Ku adalah kebenaran yang menghidupkan.
b.)    Pengertian Yohanis 14:6 adalah segala ketetapan-Ku adalah kebenaran yang menghidupkan
c.)    Pengertian Yohanis 14:6 adalah segala hukum-Ku adalah kebenaran yang menghidupkan.
d.)    Pengertian  Yohanis 14:6 adalah segala perintah-Ku, segala ketetapan-Ku dan segala hukum-Ku adalah semua-Nya benar dunia dan sorga yang semua-Nya menghidupkan baik dibumi dan akan di sorga.
e.)    Pengertian Yohanis 14:6 adalah segala perintah-Ku, segala ketetapan-Ku dan segala hukum-Ku adalah semua-Nya terang, semuan-Nya benar dan semua-Nya menghidupkan.

Yoh 9:5  Selama Aku di dalam dunia, Akulah terang dunia."

Yohanis 12:46  Aku telah datang ke dalam dunia sebagai terang, supaya setiap orang yang percaya kepada-Ku, jangan tinggal di dalam kegelapan.

Yoh 8:12  Maka Yesus berkata pula kepada orang banyak, kata-Nya: "Akulah terang dunia; barangsiapa mengikut Aku, ia tidak akan berjalan dalam kegelapan, melainkan ia akan mempunyai terang hidup."
  
Yesus mengajarkan kepada kamu karena Yesus adalah Guru, sesungguhnya Yesus adalah Dia yang Yesus maksudkan karena Yesus adalah Tuhan.

20.  Pengakuan Yesus adalah Dia adalah Mesias
Yoh 4:26 Kata Yesus kepadanya: "Akulah Dia, yang sedang berkata-kata dengan engkau."

Yes 45:21  Beritahukanlah dan kemukakanlah alasanmu, ya, biarlah mereka berunding bersama-sama: Siapakah yang mengabarkan hal ini dari zaman purbakala, dan memberitahukannya dari sejak dahulu? Bukankah Aku, TUHAN? Tidak ada yang lain, tidak ada Allah selain dari pada-Ku! Allah yang adil dan Juruselamat, tidak ada yang lain kecuali Aku!

Yes 43:11  Aku, Akulah TUHAN dan tidak ada juruselamat selain dari pada-Ku.

21.  Pengakuan Yesus adalah Dia adalah Mesias untuk menggenapi hukum Taurat
Matius 5:17  "Janganlah kamu menyangka, bahwa Aku datang untuk meniadakan hukum Taurat atau kitab para nabi. Aku datang bukan untuk meniadakannya, melainkan untuk menggenapinya.

22.  Pengakuan Yesus adalah Dia adalah Mesias untuk menggenapi hukum Taurat  seluruh Kitab Suci, mulai kitab-kitab Musa dan segala kitab nabi-nabi tentang Mesias harus menderita.
Matius 24:25  Lalu Ia berkata kepada mereka: "Hai kamu orang bodoh, betapa lambannya hatimu, sehingga kamu tidak percaya segala sesuatu, yang telah dikatakan para nabi!

Matius 24:26  Bukankah Mesias harus menderita semuanya itu untuk masuk ke dalam kemuliaan-Nya?"

Matius 24:27  Lalu Ia menjelaskan kepada mereka apa yang tertulis tentang Dia dalam seluruh Kitab Suci, mulai dari kitab-kitab Musa dan segala kitab nabi-nabi.

23.  Pengakuan Yesus adalah Dia adalah Mesias untuk menggenapi hukum Taurat  kitab Taurat Musa dan kitab nabi-nabi dan kitab mazmur tentang Mesias harus menderita dan bangkit dari antara orang mati pada hari yang ketiga.
Lukas 24:44  Ia berkata kepada mereka: "Inilah perkataan-Ku, yang telah Kukatakan kepadamu ketika Aku masih bersama-sama dengan kamu, yakni bahwa harus digenapi semua yang ada tertulis tentang Aku dalam kitab Taurat Musa dan kitab nabi-nabi dan kitab Mazmur."

Lukas 24:45  Lalu Ia membuka pikiran mereka, sehingga mereka mengerti Kitab Suci.

Lukas 24:46  Kata-Nya kepada mereka: "Ada tertulis demikian: Mesias harus menderita dan bangkit dari antara orang mati pada hari yang ketiga,

Lukas 24:47  dan lagi: dalam nama-Nya berita tentang pertobatan dan pengampunan dosa harus disampaikan kepada segala bangsa, mulai dari Yerusalem.

Lukas 24:48  Kamu adalah saksi dari semuanya ini.

24.  Pengakuan Yesus adalah Penyelamat dunia bukan untuk menghakimi dunia
Yohanis 3:17  Sebab Allah mengutus Anak-Nya ke dalam dunia bukan untuk menghakimi dunia, melainkan untuk menyelamatkannya oleh Dia.

Yes 63:8  Bukankah Ia berfirman: "Sungguh, merekalah umat-Ku, anak-anak yang tidak akan berlaku curang," maka Ia menjadi Juruselamat mereka

Yes 43:11  Aku, Akulah TUHAN dan tidak ada juruselamat selain dari pada-Ku.
Yes 45:21  Beritahukanlah dan kemukakanlah alasanmu, ya, biarlah mereka berunding bersama-sama: Siapakah yang mengabarkan hal ini dari zaman purbakala, dan memberitahukannya dari sejak dahulu? Bukankah Aku, TUHAN? Tidak ada yang lain, tidak ada Allah selain dari pada-Ku! Allah yang adil dan Juruselamat, tidak ada yang lain kecuali Aku!

Hos 13:4  Tetapi Aku adalah TUHAN, Allahmu sejak di tanah Mesir; engkau tidak mengenal allah kecuali Aku, dan tidak ada juruselamat selain dari Aku.

25.  Pengakuan Yesus adalah Penyelamat dunia bagi mereka yang telah mendengar perkataan-Nya tapi tidak melakukan-Nya.
Yohanis 12:47 Dan jikalau seorang mendengar perkataan-Ku, tetapi tidak melakukannya, Aku tidak menjadi hakimnya, sebab Aku datang bukan untuk menghakimi dunia, melainkan untuk menyelamatkannya.
  
26.  Pengakuan Yesus adalah firman kepunyaan-Nya adalah sebagai hakim bagi mereka yang menolak dan tidak menerima perkataan-Nya.
Yohanis 12:48  Barangsiapa menolak Aku, dan tidak menerima perkataan-Ku, ia sudah ada hakimnya, yaitu firman yang telah Kukatakan, itulah yang akan menjadi hakimnya pada akhir zaman.

27.  Pengakuan Yesus adalah Bapa yang mengatakan dan menyampaikan firman-Nya adalah perintah-Nya itu adalah hidup yang kekal.
Yohanis 12:49  Sebab Aku berkata-kata bukan dari diri-Ku sendiri, tetapi Bapa, yang mengutus Aku, Dialah yang memerintahkan Aku untuk mengatakan apa yang harus Aku katakan dan Aku sampaikan.

Yohanis 12:50  Dan Aku tahu, bahwa perintah-Nya itu adalah hidup yang kekal. Jadi apa yang Aku katakan, Aku menyampaikannya sebagaimana yang difirmankan oleh Bapa kepada-Ku."


28.  Pengakuan Yesus adalah Tuhan : Di sini ada Anak Manusia yang adalah Yesus yang melebihi Bait Allah pada hari Sabat.
Kata KUNCI adalah Anak Manusia. Dan Anak Manusia adalah Yesus.
Lukas 6:5 Kata Yesus lagi kepada mereka: "Anak Manusia adalah Tuhan atas hari Sabat."
Matius 12:6  Aku berkata kepadamu: Di sini ada yang melebihi Bait Allah.
Matius 12:8  Karena Anak Manusia adalah Tuhan atas hari Sabat."
Pengertian Anak Manusia yang difirmankan Yesus didalam Lukas 6:5 adalah Yesus adalah Tuhan yang melebihi Bait Allah.

29.  Pengakuan Yesus adalah Tuhan : yaitu Anak Manusia yang adalah Yesus yang telah turun dari Sorga dan tidak ada seorangpun yang telah naik ke sorga, selain dari pada Dia adalah Yesus adalah Tuhan yang telah turun dari sorga.
Kata KUNCI adalah Anak Manusia. Dan Anak Manusia adalah Yesus.
Yohanis 3:13  Tidak ada seorangpun yang telah naik ke sorga, selain dari pada Dia yang telah turun dari sorga, yaitu Anak Manusia.
Pengertian Anak Manusia difirmankan adalah kebenaran Yohanis 13:13 adalah Yesus adalah Tuhan yang telah turun dari Sorga dan naik ke Sorga.


30.  Pengakuan Yesus adalah Tuhan : yaitu Anak Manusia bersemayam di takhta kemuliaan-Nya
Kata KUNCI adalah Anak Manusia. Dan Anak Manusia adalah Yesus.
Mat 19:28  Kata Yesus kepada mereka: "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya pada waktu penciptaan kembali, apabila Anak Manusia bersemayam di takhta kemuliaan-Nya, kamu, yang telah mengikut Aku, akan duduk juga di atas dua belas takhta untuk menghakimi kedua belas suku Israel.
Pengertian Anak Manusia yang difirmankan Yesus didalam Mat 19:28 adalah Yesus adalah Tuhan bersemayam di takhta kemuliaan-Nya

31.  Pengakuan Yesus adalah Tuhan : yaitu Anak Manusia juga akan mengakui dia di depan malaikat-malaikat Allah.
Kata KUNCI adalah Anak Manusia. Dan Anak Manusia adalah Yesus.
Luk 12:8  Aku berkata kepadamu: Setiap orang yang mengakui Aku di depan manusia, Anak Manusia juga akan mengakui dia di depan malaikat-malaikat Allah.
Pengertian Anak Manusia yang difirmankan Yesus didalam Luk 12:8 adalah Yesus adalah Tuhan juga akan mengakui dia di depan malaikat-malaikat Allah (malaikat-malaikat penyembah kepada Tuhan Yesus).

32.  Pengakuan Yesus adalah Tuhan, yaitu Anak Manusia dipermuliakan dan Allah dipermuliakan di dalam Anak Manusia.
Kata KUNCI adalah Anak Manusia. Dan Anak Manusia adalah Yesus
Kata KUNCI adalah Allah di dalam Anak Manusia. Dan Anak Manusia yaitu Yesus.
Yoh 13:31  Sesudah Yudas pergi, berkatalah Yesus: "Sekarang Anak Manusia dipermuliakan dan Allah dipermuliakan di dalam Dia.

33.  Pengakuan Yesus adalah Tuhan : yaitu Anak Manusia yang telah memberikan kuasa kepada firman-Nya untuk menghakimi.
Kata KUNCI adalah Anak Manusia. Dan Anak Manusia adalah Yesus.
Yoh 5:27  Dan Ia telah memberikan kuasa kepada-Nya untuk menghakimi, karena Ia adalah Anak Manusia.
Pengertian Anak Manusia yang difirmankan Yesus didalam Yoh 5:27 adalah Yesus adalah Tuhan yang telah memberikan kuasa kepada firman-Nya untuk menghakimi.

34.  Pengakuan Yesus adalah Tuhan adalah Tuhan juruselamat, firman Tuhan Allah yang hidup.
Kata KUNCI adalah Anak Manusia. Dan Anak Manusia adalah Yesus
Kata KUNCI adalah Anak Manusia adalah Mesias (Juruselamat)
Kata KUNCI adalah Anak Manusia adalah Anak Allah yang hidup (firman Tuhan Allah yang hidup)
Lukas 16:13  Setelah Yesus tiba di daerah Kaisarea Filipi, Ia bertanya kepada murid-murid-Nya: "Kata orang, siapakah Anak Manusia itu?"
Lukas 16:15  Lalu Yesus bertanya kepada mereka: "Tetapi apa katamu, siapakah Aku ini?"
Lukas 16:16  Maka jawab Simon Petrus: "Engkau adalah Mesias, Anak Allah yang hidup!"
Lukas 16:17  Kata Yesus kepadanya: "Berbahagialah engkau Simon bin Yunus sebab bukan manusia yang menyatakan itu kepadamu, melainkan Bapa-Ku yang di sorga.

35.  Pengakuan Yesus adalah Tuhan bagi jemaat Tuhan dan alam maut tidak akan menguasai jemaat Tuhan.
Kata KUNCI Yesus adalah Tuhan akan mendirikan jemaat-Nya dan alam maut tidak akan menguasainya.
Lukas 16:18  Dan Akupun berkata kepadamu: Engkau adalah Petrus dan di atas batu karang ini Aku akan mendirikan jemaat-Ku dan alam maut tidak akan menguasainya.

36.  Pengakuan Yesus adalah Tuhan Kerajaan Sorga yang Mahakuasa baik di Kerajaan Sorga maupun di dunia.
Kata KUNCI : Yesus adalah Tuhan Kerajaan Sorga yang Mahakuasa memberikan kunci Kerajaan Sorga kepada Petrus
Lukas 16:19  Kepadamu akan Kuberikan kunci Kerajaan Sorga. Apa yang kauikat di dunia ini akan terikat di sorga dan apa yang kaulepaskan di dunia ini akan terlepas di sorga."

Yes 45:21  Beritahukanlah dan kemukakanlah alasanmu, ya, biarlah mereka berunding bersama-sama: Siapakah yang mengabarkan hal ini dari zaman purbakala, dan memberitahukannya dari sejak dahulu? Bukankah Aku, TUHAN? Tidak ada yang lain, tidak ada Allah selain dari pada-Ku! Allah yang adil dan Juruselamat, tidak ada yang lain kecuali Aku!
Yes 43:11  Aku, Akulah TUHAN dan tidak ada juruselamat selain dari pada-Ku.

37.  Pengakuan Yesus adalah Tuhan Yang Mahakuasa
Matius 26:63  Tetapi Yesus tetap diam. Lalu kata Imam Besar itu kepada-Nya: "Demi Allah yang hidup, katakanlah kepada kami, apakah Engkau Mesias, Anak Allah, atau tidak."
Matius 26:64  Jawab Yesus: "Engkau telah mengatakannya. Akan tetapi, Aku berkata kepadamu, mulai sekarang kamu akan melihat Anak Manusia duduk di sebelah kanan Yang Mahakuasa dan datang di atas awan-awan di langit."

Mrk 14:62 Jawab Yesus: "Akulah Dia, dan kamu akan melihat Anak Manusia duduk di sebelah kanan Yang Mahakuasa dan datang di tengah-tengah awan-awan di langit."

38.  Pengakuan Yesus adalah Tuhan. Tuhan Yesus adalah  juruselamat umat manusia dan kedatangan Tuhan Yesus sudah dekat.
Kata KUNCI : Anak Manusia adalah Yesus. Yesus adalah Tuhan. Dan Tuhan Yesus adalah juruselamat datang untuk menyelamatkan
Kata KUNCI : Anak Manusia datang dalam awan dengan segala kekuasaan dan kemuliaan-Nya
Lukas 21:27  Pada waktu itu orang akan melihat Anak Manusia datang dalam awan dengan segala kekuasaan dan kemuliaan-Nya.
Lukas 21:28  Apabila semuanya itu mulai terjadi, bangkitlah dan angkatlah mukamu, sebab penyelamatanmu sudah dekat."

Lukas 21:31  Demikian juga, jika kamu melihat hal-hal itu terjadi, ketahuilah, bahwa Kerajaan Allah sudah dekat.
Lukas 21:32  Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya angkatan ini tidak akan berlalu, sebelum semuanya terjadi.
Lukas 21:33  Langit dan bumi akan berlalu, tetapi perkataan-Ku tidak akan berlalu."
Lukas 21:34  "Jagalah dirimu, supaya hatimu jangan sarat oleh pesta pora dan kemabukan serta kepentingan-kepentingan duniawi dan supaya hari Tuhan jangan dengan tiba-tiba jatuh ke atas dirimu seperti suatu jerat.
Lukas 21:35  Sebab ia akan menimpa semua penduduk bumi ini.
Lukas 21:36  Berjaga-jagalah senantiasa sambil berdoa, supaya kamu beroleh kekuatan untuk luput dari semua yang akan terjadi itu, dan supaya kamu tahan berdiri di hadapan Anak Manusia."

39.  Pengakuan Yesus adalah Bapa yang menentukan hak-hak Kerajaan
Kata KUNCI adalah Aku menentukan hak-hak Kerajaan sama seperti Bapa-Ku menentukannya bagi-Ku
Luk 22:29  Dan Aku menentukan hak-hak Kerajaan bagi kamu, sama seperti Bapa-Ku menentukannya bagi-Ku,
KUNCI Kebenaran membenarkan Yesus adalah Bapa
Yohanis 10:30  Aku dan Bapa adalah satu."
Yohanis 8:24  Karena itu tadi Aku berkata kepadamu, bahwa kamu akan mati dalam dosamu; sebab jikalau kamu tidak percaya, bahwa Akulah Dia, kamu akan mati dalam dosamu."
Yoh 13:31  Sesudah Yudas pergi, berkatalah Yesus: "Sekarang Anak Manusia dipermuliakan dan Allah dipermuliakan di dalam Dia.
Yesus adalah Bapa, sebab Bapa ada didalam Yesus, dan yang berkata-kata adalah Bapa, sebab Bapa yang berkata-kata ada didalam Yesus.

Yohanis 13:13  Kamu menyebut Aku Guru dan Tuhan, dan katamu itu tepat, sebab memang Akulah Guru dan Tuhan.
Jadi pengertian Anak Manusia yang difirmankan oleh Yesus dalam Perjanjian Baru
adalah Yesus adalah Tuhan.

Anak Tunggal Allah adalah Tuhan Allah kita, Tuhan yang esa.
Yohanis 10:30  Aku dan Bapa adalah satu."

Anak Tunggal Allah adalah Tuhan adalah Firman yang adalah Allah yang hidup dan Firman yang adalah Allah yang benar.


Bukti Yesus adalah Tuhan dikuatkan juga oleh kitab suci umat muslim Quran melalui beberapa keistimewaan berikut:






1 comment:

  1. Kalau benar yesus tuhan kenapa pada waktu di salib dia mengatakan wahai tuhan ku. Wahai tuhan ku. Wahai tuhan ku kenapa kau pergi meninggalkan aku

    ReplyDelete