Tuesday, January 15, 2013

Orang Kristen Mengikuti Isa Al-Masih, Bukan Paulus!


Meluruskan Kesalahpahaman – Orang Kristen Mengikuti Isa Al-Masih, Bukan Paulus!


Agama Kristen adalah sebuah kepercayaan yang berdasar pada ajaran Isa Al-Masih. Pemeluknya disebut juga Kristiani atau Nasrani. Kata “Kristen” dikenal setelah Isa Al-Masih naik ke sorga. Orang non-Kristen-lah pertama-tama memberi sebutan Kristen pada pengikut Isa Al-Masih (Injil, Surat Para Rasul 11:26). Arti lain dari kata “Kristen” adalah pengikut Kristus atau Al-Masih.

Isa Al-Masih dan Pelayanan-Nya

Isa Al-Masih adalah Kalimat Allah (Qs 3:45). Dia menjadi manusia melalui proses kelahiran. Ibu-Nya seorang perawan bernama Maryam. Dia memulai pelayanan-Nya ketika berusia tiga puluh tahun.
Selama tiga setengah tahun pelayanan-Nya, Dia banyak melakukan mujizat. Mengusir setan, menyembuhkan orang sakit, bahkan menghidupkan kembali orang yang sudah mati. Juga Ia membentuk dua belas murid pertama-Nya, yang akhirnya melanjutkan pelayanan Isa Al-Masih.

Perkembangan Jumlah Pengikut Isa Al-Masih

Semakin hari pengikut Isa Al-Masih semakin bertambah, wilayah pelayanan murid-murid-Nya pun semakin luas. Hal ini sesuai dengan Amanat Agung yang disampaikan Isa Al-Masih sebelum Dia terangkat ke sorga. “Karena itu pergilah, jadikanlah semua bangsa murid-Ku dan baptislah mereka dalam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus, dan ajarlah mereka melakukan segala sesuatu yang telah Kuperintahkan kepadamu. . . ." (Injil, Rasul Besar Matius 28:19-20)
Murid-murid Isa Al-Masih semakin giat menyebarkan ajaran-Nya. Namun di sisi lain, tidak sedikit pihak-pihak yang menentang. Sebab pemerintah Romawi saat itu merasa, ajaran Isa Al-Masih merupakan ancaman bagi pemerintahannya.

Pertobatan Paulus Dari Tarsus

Paulus (Saulus) dari Tarsus adalah salah seorang yang sangat menentang ajaran Isa Al-Masih.  Paulus berkebudayaan Yunani dan berasal dari Tarsus (kota di daerah Turki). Sebelum bertobat, dia banyak melakukan penganiayaan terhadap orang-orang Kristen.
Tetapi akhirnya dia bertobat setelah mengalami perjumpaan dengan Isa Al-Masih. “ ...... Aku [Isa Al-Masih]...... menetapkan engkau [Paulus/Saulus] menjadi pelayan dan saksi tentang segala sesuatu yang telah kaulihat dari pada-Ku dan tentang apa yang akan Kuperlihatkan kepadamu nanti......  Aku akan mengutus engkau kepada mereka [bangsa-bangsa] untuk membuka mata mereka, supaya mereka berbalik dari kegelapan kepada terang dan dari kuasa Iblis kepada Allah, supaya mereka oleh iman mereka kepada-Ku memperoleh pengampunan dosa . . . . (Injil, Kisah Para Rasul 26:16-18).

Pelayanan Rasul Besar Paulus

Awalnya Paulus tidak diterima oleh pengikut-pengikut Isa Al-Masih yang berasal dari keturunan Yahudi asli. Mereka takut akan latar-belakang Paulus yang suka menganiaya dan memenjarakan pengikut Isa Al-Masih.
Paulus dikenal juga sebagai “rasul bagi bangsa-bangsa non-Yahudi”. Usahanya sungguh luar biasa. Ia memberitakan bahwa keselamatan yang dilakukan Isa Al-Masih lewat pengorbanan-Nya di kayu salib adalah untuk semua orang.

Konsili Gereja Pertama

Paulus telah diutus Isa Al-Masih menjadi saksi-Nya. Para murid Isa Al-Masih juga mendukung panggilan Paulus. Inilah hasil dari Konsili Gereja Pertama. “Dan setelah melihat kasih karunia yang dianugerahkan kepadaku [Paulus], maka Yakobus, Kefas [Petrus] dan Yohanes, yang dipandang sebagai sokoguru jemaat, berjabat tangan dengan aku dan dengan Barnabas sebagai tanda persekutuan, supaya kami pergi kepada orang-orang yang tidak bersunat [orang-orang kafir] . . .”(Injil, Surat Galatia 2:9)

Orang Kristen Mengikuti Isa Al-Masih, Bukan Paulus

Paulus cukup berperan dalam menyebarkan agama Kristen.  Namun orang-orang Kristen sadar betul bahwa mereka adalah pengikut Isa Al-Masih. Ajaran yang mereka ikuti adalah ajaran Isa Al-Masih yang disampaikan melalui murid-murid-Nya. Salah satu murid-Nya ialah Rasul Besar Paulus.
Jelas orang Kristen tidak mengikuti Paulus. Paulus tidak dapat memberi jaminan keselamatan. Namun tidak demikian halnya dengan Isa Al-Masih, Dia sanggup dan telah berjanji untuk memberikan keselamatan bagi siapa saja yang mau menerimanya.
Dan hal inilah yang disaksikan oleh Paulus dalam Kitab Suci: “Perkataan ini benar dan patut diterima sepenuhnya: "Kristus Yesus (Isa Al-Masih) datang ke dunia untuk menyelamatkan orang berdosa," dan di antara mereka akulah (Paulus) yang paling berdosa” (Injil, Surat I Timotius 1:15)

5 comments:

  1. Markus 12:31,32 Jawab Yesus: "Hukum yang terutama ialah: Dengarlah, hai orang Israel, Allah "KITA" itu Tunggal Dan hukum yang kedua ialah: Kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri. Tdk ada hukum lain yg lebih utama dari pada kedua hukum ini."
    (inilah firman yg harus &wajib ditaro dimulut setiap pengikut Yesus ,bagi org2 yg tdk mematuhinya adalh org2 mmusuhi &mngingkari &menghianati perkataaan Yesus, Tdk ada surga bagi yg tdk mmatuhi K2 hukum itu. Jika ada yg mencoba mencari2 hukum2 atau azas lail dari itu adalah sah jika dikatakan ANTIKRISTUS, meski keluarga yesus, muridnya apalagi bekas musuhnya, hanya Setan2 Besar yg berani meninggalkan Hukum2 Tersakral itu! Sbab mreka (setan2 sesat) mengganti atau mempersamakan/ Kemuliaan&Kesucian Allah Yg Tunggal & Maha Kuasa itu! dengan manusia (yesus) &kisah2 atau cerita2 sekanjutnya itu semua hanya rekayasa paulus&rekan2 sampai hari yg sama ANTI KRISTUS&ANTI ALLAH YANG ESA & KUASA!

    ReplyDelete
  2. Markus 12:31 Jawab Yesus: "Hukum yg Pertama ialah: Dngarlah, hai org Israel, Allah kita itu Satu" Tunggal" Yakobus:19: Engkau prcaya, bhwa hanya ada satu Allah saja? Itu baik! Ttpi setan2pun juga percaya akan hal itu &mrka gemetar! Ibrani 6:1 Sbab itu Marilah Kita Tinggalkan azas2"Hukum" Pertama dari Ajaran Kristus dan beralih kpd prkembangannya yg penuh. Janganlh kita mletakkan lagi dasar pertobatan dari perbuatan2 yg sia2, &Dasar Kepercayaan Kpd Allah,"Org2 yg brasal dari daging tentu hanya bicara ttg dunia! ttpi roh yg berasal dari Allah Swt maka dia bicara ttg roh kpd roh! Jika roh kalian berasal dari Allah kalian pasti mngerti&memahami perkataan2 Allah Swt namun mrka yg berasal dari iblis tentu mrka akan mengamalkn keinginan2 bapa mrka yg dmikian itu mnjadi pembunuh ulung ksalehan/kbajikan manusia sejak awal kemanusiaan,

    ReplyDelete
  3. Ataukah kalian wahai orang2 kristen&sejenisnya, mau mengatakan kepada dunia bahwa yesus pendusta, plin plan tentang syahadat&hukum2nya yang di ucapkannya sendiri waktu masih hidup ngomong sama org2 Israel begitu! lalu udah mati bangkit lagi, khusus jumpai paulus bilang syahadat&hukum2 yang model baru lagi! Kenapa waktu hidup dia gak ngoming bahwa dia diutus utk org non israel knapa udah.mati baru ngomong apa dia lupa udah mati baru ingat? Atau Paulus yg berdusta ngomong bahwa dia jumpa yesus disuruh beginilah begitulah atas nama yesus, agar bisa mnyesatkan manusia dari ajaran2 yesus (musuh besar paulus, org2 yahudi&romawi) yg dia meneruskan ajrn2 Nabi2 terdahulu yg dimusuhi pada zaman itu?

    ReplyDelete
  4. Baca Roma1:16-32, lihatlah akibat dari orang2 yang mngingkari&mensekutukan, meyerupa2kan Allah Swt itu! dan itulah fenomena dari umat2 manusia seluruh agama menentangNYA,dan tidak MemuliakanNYA, termasuk kristen, hindu, buddha dan org2 yg mengaku2 dirinya islam! &negara2 yg tidak mematuhiNYA? Berpikirlah secara cerdas&membangun keimanan&kebajikan diatas kebenaran mutlak! bukan mengajarkan ajaran2 dari mantan pendusta&penjahat! Karna terbukti paulus masih keukeh menjahati yesus &ajaran2nya!

    ReplyDelete
  5. @Yang Setia Yang Benar _ Isa Al-Masih berkata : engkau melihat tapi tidak memahami, engkau mendengar tapi tidak mengerti supaya engkau berbalik n bertobat .... !
    Anda tahu banyak ttg kitab suci orng Nasrani mungkin melebihi pengetahuan orang Nasrani kebanyakan, namun (sayang) masih belum diberi kesempatan untuk beriman kepada NYA - karena itu BERTOBATLAH !

    ReplyDelete